Sari, Laila Putri (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD AL-HIDAYAH MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313170 Judul.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108313170 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
108313170 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
108313170 Abstrak.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
108313170 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
108313170 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
108313170 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313170 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
108313170 Bab I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
108313170 Bab V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
108313170 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada materi Alat pencernaan pada manusia dikelas V SD Al-Hidayah Medan T.A 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).Rumusan masalah dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus. siklus I dan II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan test hasil belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa. Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) ini dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Alat Pencernaan Pada Manusia Di kelas V SD Al-Hidayah Medan T.A 2012/2013. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 orang siswa yang berasal dari kelas V pada tahun ajaran 2012/2013, untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian pengumpulan data dengan cara memberi test.Dari hasil analisis data diperoleh 3 siswa (9,38%) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 29 orang siswa diperoleh (90,62) belum mencapai tingkat ketuntasan tingkat ketuntasan belajar, dari pretest diperoleh nilai rata-rata 38,75. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 10 siswa (31,12%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 22 siswa (68,75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 55,94. Dari hasil tes pada siklus II dipeoleh 29 siswa (90,62%)telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 79,69.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Al-Hidayah Medan. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa pembelajaran dengan Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Alat pencernaan pada manusia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sar m |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Faktor; Model Pembelajaran; Kooperatif; Jenis; Langkah; Kelebihan; Kekurangan; Pembelajaran IPA; Materi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7228 |