UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP ISI BACAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEORI SKEMATA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NO. 106162 MEDAN ESTATE T.A. 2012-2013

Hasibuan, Syafrika Sari (2013) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP ISI BACAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEORI SKEMATA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NO. 106162 MEDAN ESTATE T.A. 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 108313363 Judul.pdf]
Preview
Text
108313363 Judul.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 108313363 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
108313363 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of 108313363 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
108313363 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 108313363 Abstrak.pdf]
Preview
Text
108313363 Abstrak.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 108313363 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
108313363 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 108313363 Bab I.pdf]
Preview
Text
108313363 Bab I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 108313363 Bab V.pdf]
Preview
Text
108313363 Bab V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 108313363 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
108313363 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 108313363 Daftar Riwayat Hidup.pdf]
Preview
Text
108313363 Daftar Riwayat Hidup.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview

Abstract

Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya pemahaman siswadalam membaca, dengan batasan masalah pada pemahaman bacaan padapembelajararan bahasa Indonesia kelas V SD. Adapun rumusan masalahnya yaitu“Apakah melalui penerapan model pembelajaran teori skemata dapat menigkatkanpemahaman siswa terhadap isi bacaan pada pembelajaran bahasa Indonesia dikelas V SDN No. 106162 Medan Estate. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan pemahaman siswa terhadap isi bacaan melalui model pembelajaranpenerapan teori skemata pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V di SDNegeri No. 106162 Medan Estate.Dalam penelitian ini terdapat pembahasan mengenai pemahaman sertapengertian model pembelajaran teori skemata, dan juga langkah-langkahpenerapan model pembelajaran teori skemata yang meliputi pre-reading, reading,dan post-reading. Yang menjadi kerangka berfikir pada penelitian ini adalahrendahnya nilai pembelajaran bahasa Indonesia kelas V di SDN No. 106162Medan Estate. Hipotesis tindakan nya yaitu, terdapat peningkatan pemahamansiswa terhadap isi bacaan dengan menggunakan model pembelajaran teoriskemata pada kelas V SDN No. 106161 Medan Estate.Jenis Penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus dan terdiri dari 2 kali pertemuan dan 4tahap dalam tiap pertemuannya yaitu : perencanaan, pelaksanakan, pengamatan,dan refleksi. Subjek penelitian kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106161Lau Dendang, Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 35 orang dimana jumlahlaki-laki sebanyak 14 orang dan perempuan sebanyak 21 orang. Sedangkan yangmenjadi objek penelitiannya adalah pemahaman siswa terhadap isi bacaan denganbatasan pembelajarannya pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Alatpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah denganmenggunakan data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa observasi.Hasil penelitian menunjukkan pemahaman dalam belajar yang dimilikisiswa meningkat dengan penerapan model pembelajaran teori skemata. Melaluipenelitian yang dilakukan, hasil tes awal menunjukkan 35 orang siswa, hanya 10orang (28,50%) siswa yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 58,85. Darihasil tes siklus I terdapat 22 orang (62,85%) siswa yang tuntas dalam belajardengan nilai rata-rata 70,28. Hal ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswasebesar 34,35% dari tes awal. Dari hasil tes siklus II terdapat 31 orang (88,57%)siswa yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 79,71. Hal inimenunjukkan peningkatan pemahaman siswa sebesar 25,72% dari tes siklusI.Hasil tersebut menandakan adanya peningkatan tiap siklus yang berartipenggunaan model pembelajaran teori skemata baik digunakan dalammeningkatkan pemahaman siswa kelas V SD pada pembelajaran bahasaIndonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.6 Has u
Keywords: Pemahaman; Peran Guru; Teori Skemata; Bacaan; Kemampuan; Model Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 28 Jul 2016 05:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7226

Actions (login required)

View Item
View Item