Suganda, Hartanto (2013) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW,QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMBACA INTENSIF UNTUK MENEMUKAN KALIMAT UTAMA KELAS IV SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313124 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
108313124 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
108313124 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
108313124 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313124 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
108313124 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
108313124 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
108313124 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
108313124 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
108313124 BAB I.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
108313124 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
108313124 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: 1) hasil belajar siswa pada materimembaca intensif masih rendah, 2) siswa belum memahami cara menemukan kalimat utamayang terdapat pada tiap paragraph, 3) model pembelajaran yang digunakan guru kurangbervariasi, dan 4) guru jarang melakukan tanya jawab atau refleksi kepada siswa tentangmateri yang baru diajarkan.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa denganmenggunakan model PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) padamateri membaca intensif untuk menemukan kalimat utama. Manfaat dari penelitian ini adalahBagi Siswa, meningkatkan kemampuan siswa dalam menggali informasi yang dimilikinya padamateri membaca intensif dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi membaca intensif. BagiGuru, menambah wawasan berpikir guru dalam mengajar dan mengembangkan materi pembelajarandengan menggunakan strategi yang bervariasidan umpan balik bagi guru untuk mengukurkeberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan mengajar melalui Penelitian Tindakan Kelas. Bagi Sekolah,meningkatkan kualitas sekolah melalui prestasi belajar siswa dan kinerja guru dan hasil penelitiansebagai umpan balik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaranJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan terdiri dari duasiklus dan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapunkelas yang diteliti yaitu kelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia dengan jumlah siswa 23orang.Sebelum melaksanakan siklus I, peneliti melakukan pretest. Dan hasil rata-rata siswahanya mencapai 58,78 dan siswa yang dinyatakan tuntas hanya 5 orang atau sebesar 21,47%.Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil rata-rata siswa meningkat menjadi66,52, dengan jumlah siswa yang tuntas ada 15 orang atau sekitar 65,22%. Pada siklus II nilairata-rata meningkat lagi menjadi 89,91 dengan jumlah siswa yang tuntas 20 orang atau sekitar86,96%. Jadi, dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar siswa darirata-rata 58,78 menjadi 89,91 dan peningkatan hasil belajar kelas dari 5 siswa yang tuntasatau sekitar 21,47% meningkat menjadi 20 siswa atau sekitar 86,96%.Dari hasil penelitian tindakan yang dilaksanakan melalui dua siklus, diperolehpeningkatan yang memuaskan dan telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan penelitianyakni jika rata-rata kelas mencapai 70 dan siswa yang dinyatakan tuntas lebih besar dari 70sebanyak 75% dari populasi kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakanmodel pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) dapatmeningkatan hasil belajar pada materi membaca intensif untuk menemukan kalimat utamakelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia T.A. 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Sug p |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; FAktor-faktor; Model Pembelajaran; Kelebihan; Membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7180 |