Hutabarat, Risnawati (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DI KELAS V YPK ELIDA MEDAN TUNTUNGAN TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311061 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
1104311061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
1104311061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
1104311061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1104311061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
1104311061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311061 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
1104311061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1104311061 BAB I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
1104311061 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1104311061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Gaya Gravitasi di Kelas V YPK Elida Medan Tuntungan TA 2011/2012? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan basil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping Mated Gaya Gravitasi di Kelas V YPK Elida Medan Tuntungan TA 2011/2012 dengan Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 36 orang siswa.Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V YPK Elia Medan TA 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode mind mapping. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Can pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan dengan menggunakan test. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila basil belajar siswa meningkat, yaitu tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 75.Berdasarkan analisis data pretest tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal pat diketahui dad 36 terdapat sebanyak 5 orang siswa 13,9% mendapat nilai tuntas sebanyak 31 orang siswa (86,11%) mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata 1,56. Pada siklus I sebanyak 19 orang siswa 52,78% mendapat nilai tuntas dan banyak 17 orang siswa (47,22%) mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata 66,11. ada siklus II basil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi sebanyak 33 orang isvia 91,67% mendapat nilai tuntas dan sebanyak 3 orang siswa 8,3% mendapat nilai lum tuntas dengan rata-rata 85.56.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mated gaya gravitasi di kelas YPK Elida Medan Tuntungan TA 2011/2012. Oleh karenanya guru perlu eningkatkan keterampilan mengajarnya dengan menggunakan metode mind mapping bagai upaya yang dilakukan untuk mcningkatkan basil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Hut u |
Keywords: | Hasil Belajar; IPA; Mind Mapping |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7148 |