PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SD NEGERI 064015 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Daeli, Ruth Damayanti (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SD NEGERI 064015 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 108113059 COVER.pdf]
Preview
Text
108113059 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 108113059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
108113059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview
[thumbnail of 108113059 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
108113059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 108113059 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
108113059 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 108113059 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
108113059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 108113059 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
108113059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 108113059 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
108113059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 108113059 DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
108113059 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 108113059 BAB I.pdf]
Preview
Text
108113059 BAB I.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 108113059 BAB V.pdf]
Preview
Text
108113059 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 108113059 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
108113059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode drill pada pelajaran bahasa Inggris materi pokok sports and games di kelas V SD Negeri 064015 Medan tahun ajaran 2011/2012.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode drill pada pelajaran Bahasa Inggris. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD negeri 064015 Medan yang berjumlah 25 orang. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar observasi. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui apakah kegiatan pembelajaran yang dilakukan telah sesuai dengan rencana yang dirancang. Indikator penilaian keterampilan berbicara yaitu: kosakata, pengucapan, kelancaran, dan ketepatan ekspresi. Analisis data penelitian dilakukan dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan langkah, yaitu : 1). Data Reduksion (reduksi data): proses reduksi data dilakukan dengan merangkum data, memilih hal-hal yang pokok dari data dan memfokuskan pada hal-hal yang penting. 2). Data Display (penyajian data): penyajian data dilakukan dalam bentuk teks yang bersifat naratif dan diagram, dan 3). Conclution Drawing/verivication: kesimpulan yang dibuat berdasarkan temuan yang sebelumnya belum pernah ada, temuan tersebut berupa deskripsi yang jelas, sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan untuk mengetahui berhasil atau tidaknya tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini.Hasil penelitian siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 61,44 atau sekitar 7 (28%) orang siswa yang terampil berbicara. Pada penelitian siklus I pertemuan 2 diperoleh nilai rata-rata 65,16 atau 13 (52%) orang siswa terampil berbicara. Pada siklus II pertemuan 1 siswa yang terampil berbicara adalah 21 (84%) orang siswa dengan nilai rata-rata 74,76 sedangkan pada siklus II pertemuan 2 siswa yang terampil berbicara adalah 23 orang siswa atau sekitar (92%) dengan nilai rata-rata 85,12. Observasi terhadap guru pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai 64,28, pada pertemuan 2 diperoleh nilai 75. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1, diperoleh nilai 82,14 dan pada pertemuan 2 nilai yang diperoleh adalah 92,85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode drill dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 064015 Medan dalam pelajaran Bahasa Inggris Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Dae p
Keywords: Keterampilan Berbicara; Metode Drill; Bahasa Inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 28 Jul 2016 02:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7143

Actions (login required)

View Item
View Item