Chairi, Eka Sherly (2012) MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS KELAS V SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211920442 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
071211920442 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
071211920442 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
071211920442 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
071211920442 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
071211920442 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
071211920442 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071211920442 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071211920442 BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
071211920442 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
071211920442 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071211920442 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal masalah-masalah sosial di lingkungan setempat. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model Creative Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran sains Kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Creative Learning dapat dalam pembelajaran sains kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2011/2012 dengan Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 25 orang siswa. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II. Berdasarkan analisis data pada pada siklus I pertemuan 1 dari 40 indikator yang ada terdapat 4 indikator kriteria tinggi atau sebesar 2 %, sebanyak 16 indikator untuk kriteria rendah 40% dan sebanyak 22 indikator untuk kriteria sangat rendah 55% dengan rata-rata kreativitas belajar siswa 40,00. pada siklus I pertemuan 2 bahwa dari 40 indikator kreativitas belajar siswa sebanyak 7 indikator (17,5%) dengan kategori sangat rendah, sebanyak 17 indikator (42,5%) dengan kategori rendah dan sebanyak 16 indikator (40%) dengan kategori rendah. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 dari 40 indikator kreativitas belajar siswa sebanyak 21 indikator (52,5%) dengan kategori sangat tinggi dan sebanyak 21 indikator (47,5%) dengan kategori sangat tinggi dan pada siklus II pertemuan 2 secara klasikal perubahan kreativitas belajar siswa yaitu sebanyak 24 indikator (60%) dengan kreativitas belajar sangat tinggi dan sebanyak 16 indikator (40%) dengan kreativitas belajar tinggi dengan rata-rata 77,7Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Creative Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran sains Kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2011/2012. Oleh karenanya guru perlu menerapkan model pembelajara creative learning sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Cha m |
Keywords: | Creative Leraning; Kreativitas Belajar Siswa; Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7117 |