Sari, Yuspina (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM MELIPAT KERTAS ORIGAMI MELALUI METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 164517 TEBING TINGGI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313415 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313415 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
108313415 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
108313415 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
108313415 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
108313415 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313415 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313415 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313415 BAB I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
108313415 BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
108313415 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa dalam melipat kertas origami, penelitian ini bertujuan. untuk meningkatkan keterampilan dalam melipat kertas origami melalui metode latihan.. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 164517 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 8 perempuan dan 9 laki laki. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yaitu mengamati siswa dalam melipat origami. Observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif ( rata rata dan persentase). Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing masing terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I , peneliti melakukan observasi serta melihat letak kesulitan siswa dalam mempelajari kegiatan melipat origami bentuk bunga.Dari hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 61,64 dan ketuntasan keterampilan siswa secara klasikal yaitu atau terdapat sebanyak 6 siswa yang tergolong berhasil (nilai ≥ 65), sedangkan siswa yang tergolong dalam kategori tidak berhasil 11 siswa (64,70%) dan pada siklus II diperoleh diperoleh nilai rata-rata kelas 82,36 dan keterampilan siswa secara klasikal adalah atau terdapat sebanyak 15 siswa yang tergolong terampil, sedangkan siswa yang tergolong dalam kategori tidak terampil ada 2 orang siswa (11,77%) terjadi peningkatan sebesar 52,93%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode latihan dalam kegatan pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melipat kertas origami dan dapat membuat siswa termotivasi dan bersemangat dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan.. Sehingga pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif pemecahan masalah kurangnya keterampilan siswa dalam melipat origami pelajaran SBK
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sar m |
Keywords: | keterampilan; kertas origamu; metode latihan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education N Fine Arts > NK Decorative arts |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7064 |