Tarigan, Amos Hermanta (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN OPEN ENDED PROBLEM DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VIII SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136171006 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2. NIM. 8136171006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
3. NIM. 8136171006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM. 8136171006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM. 8136171006 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 8136171006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. NIM. 8136171006 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 8136171006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
12. NIM. 8136171006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
13. NIM. 8136171006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem lebih tinggi dari pembelajaran langsung, (2) apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem lebih tinggi dari pembelajaran langsung, (3) kadar aktivitas aktif siswa selama pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem (4) tingkat kemampuan guru dalam mengelola kelas dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem, (5) proses jawaban siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Namorambe yang terdiri dari 6 kelas paralel. Dari seluruh siswa kelas VIII dipilih siswa sebanyak dua kelas sebagai sampel. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan model pengajaran langsung.
Dalam penelitian ini telah dikembangkan beberapa perangkat pembelajaran seperti RPP dan LAS. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu: (1) tes kemampuan berpikir kreatif, (2) tes kemampuan pemecahan masalah, (3) lembar aktivitas aktif siswa, dan (4) lembar observasi tingkat kemampuan guru mengelola pembelajaran. Tes yang digunakan adalah berbentuk uraian yang telah dinyatakan valid dan reliabel dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,819 dan 0,842.
Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan aktivitas aktif siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan proses jawaban siswa. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem lebih tinggi dari pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung =12,54 lebih besar dari Ftabel = 4,01. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem lebih tinggi dari pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung =10,97 lebih besar dari Ftabel = 4,01. (3) Kadar aktivitas aktif siswa selama penerapan model pembelajaran berbasis masalah memenuhi toleransi waktu ideal, (4) Kemampuan guru mengelola pembelajaran selama pembelajaran berbasis masalah masuk kedalam kriteria cukup baik, dan (5) Proses jawaban siswa dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem lebih baik dari pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Tar p |
Keywords: | Pembelajaran matematika; Model pembelajaran; Berpikir kreatif; Pembelajaran langsung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 02:54 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6983 |