Hadijah, Siti (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP NEGERI 4 PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Untuk mengetahui interaksi kemampuan awal dan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematik pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Analisis data untuk mengethaui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menggunakan analisis regresi linear sederhana dan untuk mengetahui terdapat tidaknya interaksi antara kemampuan awal dan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematik siswa menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa, (3) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa, dan (4) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik dan kemampuan komunikasi matematik siswa. Sehingga disarankan kepada para pembaca untuk dapat mengimplementasikan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di dalam pembelajaran sebagai upaya perbaikan proses pembelajaran matematika di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Had p |
Keywords: | Pemahaman konsep; Komunikasi matematik; Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 02:18 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6972 |