Kurniawan, Wildan Ahmad (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS PADA PERMAINAN BOLA BASKET MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 AIR JOMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6113311127 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 6113311127 APPROVAL SHEE.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
3. NIM 6113311127 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 6113311127 PREFACE.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. NIM 6113311127 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 6113311127 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 6113311127 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 6113311127 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 6113311127 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
14. NIM 6113311127 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM 6113311127 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam melakukan chest pass pada siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Air Joman Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas XI-IPA 1 yang terdiri dari 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11 Januari sampai tanggal 18 Januari. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses Chest pass pada permainan bola basket.
Hasil penelitian, pada saat pre-test sebelum diberi tindakan di peroleh nilai rata-rata kelas sebesar 62,88, dengan ketuntasan klasikal 9 siswa atau 22,5% dikatakan belum berhasil baik secara keseluruhan. Setelah diberi tindakan melalui penerapan variasi pembelajaran yang dilakukan pada penelitian siklus I di peroleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,46 dengan ketuntasan belajar siswa dari 18 siswa sebesar 45%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 40 siswa terdapat 36 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 85% dengan nilai rata-rata 86,21 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 6 siswa 15% . Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (>85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Chest Pass pada permainan bola basket dengan menggunakan variasi pembelajaran pada siswa kelas XI IPA SMA N 1 Air Joman Tahun Ajaran 2015 / 2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 050 |
Keywords: | Teknik dasar bola basket; Lay up shoot; Hakekat variasi pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 02:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6970 |