Pribadi, Imron (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRETASI TERHADAP HASIL BELAJAR LOGIKA DAN ALGORITMA PEMROGRAMAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA AMIKOM MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. Judul.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran diskoveri terhadap hasil belajar Logika dan Algoritma Pemrograman, (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara Mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan Mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi rendah terhadap hasil belajar Logika dan Algoritma Pemrograman, (3) Untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Logika dan Algoritma Pemrograman.
Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Manajemen Informatikan kelas MI14 AMIKOM Medan. Populasi terdiri atas lima kelas yang terdiri atas 198 orang. Sampel penelitian ditetapkan kelas MI14-01 yang menggunakan strategi pembelajaran diskoveri dan kelas MI14-02 yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling sebanyak 80 orang Mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan berganda lima pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 40 soal dengan koefesien reliabilitas 0.897 sedangkan untuk mendapatkan data tentang motivasi berprestasi mahasiswa digunakan angket dengan 40 butir soal dan koefesien reliabilitasnya 0.982. Uji normalitas dengan uji Lilliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Baerlett dan uji Fisher. Teknik analisis data adalah Anava dua Jalur pada taraf signifikansi 0.05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah adalah X ̅ = 27.88 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran diskoveri X ̅ = 26,64 dengan Fhitung = 15,37 > Ftabel = 4.02, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan motivasi berprestasi tinggi X = 29.39 lebih tinggi dari pada hasil belajar mahasiswa dengan motivasi rendah X ̅ = 24 dengan Fhitung 29,28 > Ftabel = 4.02, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Logika dan Algoritma Pemrograman dengan Fhitung = 5.023 > Ftabel = 4.02
Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi adalah strategi pembelajaran berbasis masalah sedangkan mahasiswa dengan motivasi berprestasi rendah strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran diskoveri. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada dosen Logika dan Algoritma Pemrograman yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran memperhatikan karakteristik mahasiswa khususnya karakteristik motivasi berprestasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.34 Pri p |
Keywords: | Hakikat belajar; Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Motivasi berprestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jul 2016 04:38 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6871 |