samosir, raudhoh (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DALAM BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL DI KELAS IV SD NEGERI 135563 TANJUNGBALAI T.A 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111076 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1123111076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (810kB) | Preview
3. NIM. 1123111076 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 1123111076 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 1123111076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 1123111076 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1123111076 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1123111076 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 1123111076 CHAPER I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
13. NIM. 1123111076 CHAPER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM. 11231111076 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dilihat peneliti dilapangan/ disekolah yaitu rendahnya keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Inggriskelas IV SD Negeri 135563 Tanjungbalai.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Inggris pada materi my body dengan menggunakan media pembelajaran audio-visual di kelas IV SD Negeri 135563 Tanjungbalai T.A 2015 /2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 39 siswa terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan yang berasal dari siswa kelas IV SD Negeri 135563.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini peneliti menggunakan tes dan observasi. Teknikanalisis data dalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil setelah siswa memperoleh nilai ≥ 60 dan ketuntasan klasikal sebesar 80%.
Berdasarkananalisis data, perolehan nilai dari 39 siswa pada saat pre testyaitu, terdapat 26 (67%) siswa yang belum terampil berbicara dalam bahasa Inggris dan 13 (33%) siswa yang terampil berbicara dalam bahasa Inggris dengan rata-rata kelas mencapai 53,84. Selanjutnya setelah dilakukan tindakan penelitian siklus I diperoleh nilai dari 39 siswa, terdapat 17 (44%) siswa yang belum terampil berbicara dalam bahasa Inggris dan 22 (56%) siswa yang terampil berbicara dalam bahasa Inggris dengan rata-rata 64,10. Sehingga penelitian pada siklus I belum berhasil karena belum mencapai ketuntasan klasikal (nila ≤ 80%). Sehingga dilanjutkan tindakan penelitian siklus II dari 39 siswa, terdapat 7 (18%) siswa yang belum terampil berbicara dalam bahasa Inggris dan 32 (82%) siswa yang terampil berbicara dalam bahasa Inggris dengan rata-rata 72,30. Dengan diperoleh data-data siswa pada siklus II, penelitian dikatakan berhasil karena telah mencapai ketuntasan klasikal (nilai ≥ 80%).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran audio-visual dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Inggris pada materi my body di kelas IV SD Negeri 135563 Tanjungbalai. Dengandemikiandisarankan kepada guru kelas IV agar menggunakan media yang tepat pada pembelajaran dan media audio-visual merupakan salah satu media yang tepat untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 147 |
Keywords: | Belajar Berbicara ; Media Pembelajaran ; Media Audio-Visual ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:28 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6725 |