chairani, dewi ayu (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 101775 SAMPALI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.1123111018 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2.NIM.1123111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
3.NIM.1123111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4.NIM.1123111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM.1123111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM.1123111018 TABLE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM.1123111018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM.1123111018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9.NIM.1123111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
13.NIM.1123111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14.NIM.1123111018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Masalahdalampenelitianiniadalahsiswakurangterlibatsecaraaktifdalampembelajaran IPA, tidakadapelaksanaankegiatandemostrasipadapembelajaran IPA,siswatidakinginmengajukanpertanyaanketikabelummemahamimateri yang telah di ajarkan,siswajarangmengemukakanpendapatnyapadakegiatanpembelajaran, guru lebihdominanmenggunakanmetodeceramahdalampembelajaran IPA, kurangnyapenggunaan media dalampembelajaran IPA.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamatapelajaran IPA materigayadenganmenggunakan model pembelajaranVisualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) di kelas IV SDN 101775 Sampali.
Adapunjenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (PTK) dengansubjekpenelitiansiswakelas IV SDN 101775 Sampali T.A 2015/2016 yang berjumlah 26 orang siswa yang terdiridari 10 orang perempuandan 16 orang laki-laki, dilaksanakanpadabulanjanuari 2016 s.dmaret 2016. Tindakan yang dilakukanpadapenelitianiniadalahmenggunakan model pembelajaranVisualization, Auditory, Kinesthetic (VAK).Penelitianiniterdiridari 2 siklusyaitusiklus I dansiklus II, masing-masingsiklusterdiridari 4 tahapyaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi.Satusiklusterdiridari 2 kali pertemuan.Adapunalatpengumpulan data yang digunakanlembarobservasi.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklus I pertemuan I diperolehjumlahsiswa yang aktifadalah 7 orang siswadenganpersentasekeaktifansiswayaitu26,92% danpertemuan IIdiperolehjumlahsiswa yang aktifyaitu9 orang siswadenganpersentasekeaktifansiswa 34,62% padasiklus II pertemuan I jumlahsiswaaktifmeningkatmenjadi 18 orang siswadenganpersentasekeaktifansiswayaitu69,23% danpertemuan IIjumlahsiswa yang aktifkembalimeningkatmenjadi 23 orang siswadenganpersentasekeaktifansiswayaitu 88,46%. Hasilobservasipelaksanaanpembelajaran pun mengalamipeningkatanpadasiklus I pertemuan I penelitimemperolehskor 17 denganpersentase 53,13% danpertemuan II penelitimemperolehskor 22 denganpersentase 68,75% padasiklus II pertemuan I penelitimemperolehskor 26 denganpersentase 81,25% danpertemuan II memperolehskor 27 denganpersentase 84,38%.
Berdasarkanhasilpenelitiantersebut, dapatdisimpulkanbahwadenganmenggunakan model pembelajaranVisualization, Auditory, Kinesthetic (VAK)dapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamatapelajaran IPA materigaya di kelas IV SDN 101775 SampaliTahunAjaran 2015/2016. Disaranpada guru agar dapatmenggunakan model pembelajaranVisualization, Auditory, Kinesthetic (VAK)padasaatpembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk- 2016 PGSD 137 |
Keywords: | Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 08:40 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6648 |