Siregar, Finta Maulina (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 064037 MEDAN TEMBUNG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1122111004 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 1122111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
3. NIM 1122111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM 1122111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
5. NIM 1122111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 1122111004 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 1122111004 CHART.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 1122111004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 1122111004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
13. NIM 1122111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM 1122111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Masalah-masalah dalam penelitian ini yaitu: lemahnya kemampuan membaca pemahaman siswa, kemampuan membaca siswa belum mencapai kemampuan yang maksimal, dan guru kurang mampu memilih metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesai di kelas IV SD Negeri 064037 Medan Tembung Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 064037 Medan Tembung, pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 28 siswa, 14 siswa perempuan 14 dan siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Dimana setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 064037 Medan Tembung Tahun Ajaran 2015/2016. Dengan diperoleh data Pada saat dilaksanakan Siklus I dapat diketahui bahwa dari 28 siswa, terdapat sebanyak 15 (53%) siswa yang sudah termasuk ke dalam kriteria ketuntasan membaca pemahaman siswa dan 13 (47%) siswa yang belum termasuk dalam kriteria tuntas dengan nilai secara klasikal sebesar 67,14%. Jika dibandingkan dengan nilai kondisi awal, maka telah terjadi sedikit peningkatan namun belum mencapai kriteria yang diharapkan. Berdasarkan Siklus II dapat diketahui sebanyak 28 siswa (100%) yang sudah termasuk ke dalam kriteria ketuntasan membaca pemahaman, dan tidak ada yang tidak tuntas (0%). dengan nilai secara klasikal sebesar 91,60%. Setelah dilakukan pembelajaran pada Siklus II diperoleh peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Berdasarkan penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode “SQ3R” pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemapuan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya metode “SQ3R” digunakan guru sebagai salah satu alternatif guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, maupun pada mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 122 |
Keywords: | Pemahaman Mebaca; Model Pembelajaran;Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 08:03 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6644 |