MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATAPELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODELPROBING PROMPTING DI KELAS V SD NEGERI 106164 SAMBIREJO TIMUR TA 2015/2016

yanti, dwi erika (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATAPELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODELPROBING PROMPTING DI KELAS V SD NEGERI 106164 SAMBIREJO TIMUR TA 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 1123111025 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 1123111025 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 1123111025 APPROPAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM 1123111025 APPROPAL SHEET.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 1123111025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 1123111025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 1123111025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM 1123111025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 1123111025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM 1123111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 1123111025 TABLES.pdf]
Preview
Text
6.NIM 1123111025 TABLES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 1123111025 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7.NIM 1123111025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 1123111025 GRAFICS.pdf]
Preview
Text
8.NIM 1123111025 GRAFICS.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 1123111025 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9.NIM 1123111025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 10.NIM 1123111025 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
10.NIM 1123111025 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 1123111025 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
14.NIM 1123111025 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 15.NIM 1123111025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15.NIM 1123111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 106164 Sambirejo Timur. Hal ini disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih berorientasi pada pembelajaran yang konvensional yaitu menempatkan siswa sebagai pendengarsaja.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa denganmenggunakan model pembelajaranProbing Promptingpadamatapelajaran IPAmaterigaya magnet di kelas V SD Negeri 106164Sambirejo Timur.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri106164SambirejoTimuryang berjumlah 31siswa terdiri dari 17 orang siswa laki – laki dan 14 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan observasi. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda yang dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pada pre test, post test I dan post test II. Secara Individual siswa dikatakan tuntas jika telah memenuhi standar nilai KKM yang telah ditentukan sekolah untuk mata pelajaran IPA yaitu ≥ 72 dan secara klasikal dikatakan tuntas jika ≥ 80% siswa yang tuntas belajar.
Dari hasil pre testyang diberikan kepada 31 siswa diperoleh ketuntasan belajar sebesar 16,13 % dengan nilai rata – rata kelas 54,35. Setelah dilaksanakan Siklus I siswa diberi post test I. Dari hasil post test I yang diberikan kepada 31 siswa diperoleh ketuntasan belajar sebesar 51,61 % dengan nilai rata – rata kelas 71,45 serta kompetensi guru dalam mengajar dengan nilai 75. Di akhir Siklus II siswa diberi post test II. Dari hasil post test II yang diberikan kepada 31 siswa diperoleh ketuntasan belajar sebesar90,32 % dengan nilai rata – rata kelas85,48 serta kompetensi guru dalam mengajar sebesar 87,5%. Peningkatan hasil belajar dari kedaan awal (pre tes) ke siklus I sebesar 35,48% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 38,71%.
Dari tindakan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaranProbing Promptingpadapembelajaran IPAmateri pokok gaya magnet dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa di kelas V SD Negeri 106164 Sambirejo Timur TA. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK- 2016 PGSD 060
Keywords: Probing Prompting ; IPA ;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jul 2016 06:41
Last Modified: 20 Jul 2016 06:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6624

Actions (login required)

View Item
View Item