Christianto, Heru (2016) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MATERI KIMIA LARUTAN DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (767kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh penuntun praktikum Interakif Berbasis Multimedia (IBM) yang standar untuk siswa kelas XI SMA semester II pada materi kimia larutan. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum kimia SMA yang beredar di sekolah, seluruh guru kimia di SMA se-Sumatera Utara, seluruh dosen kimia di Universitas Negeri Medan dan seluruh siswa kelas XI di SMAN 5 Medan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling. Penelitian bersifat deskriptif dan pengembangan eksperimen (research and development). Langkah penelitian meliputi: (a) Analisis penuntun praktikum yang dipergunakan di kelas XI semester II; (b) Pengembangan penuntun praktikum IBM untuk materi kimia larutan di SMA; (c) Validasi penuntun praktikum IBM oleh guru dan dosen; dan (d) Uji coba penggunaan penuntun praktikum IBM dalam pembelajaran praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntun praktikum IBM yang telah dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA semester II pada materi kimia larutan telah layak/ standar sesuai dengan BSNP. Penuntun praktikum IBM untuk materi kimia larutan terdiri dari percobaan indikator asam basa, indikator alami, titrasi asam basa, hidrolisis garam, dan larutan penyangga/ buffer. Standarisasi penuntun praktikum IBM menunjukkan bahwa responden memberikan respon positif terhadap penuntun praktikum IBM dengan nilai rata-rata standarisasi 4,40 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata standarisasi penuntun praktikum yang ada di sekolah (penuntun praktikum A = 3,81 dan penuntun praktikum B = 3,75). Implementasi penuntun praktikum IBM yang dikembangkan memberikan hasil belajar kognitif yang lebih tinggi kepada siswa kelas eksperimen-1 dibandingkan dengan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen-2. Persen peningkatan hasil belajar kelas eksperimen-1 sebesar 74% dengan kategori tinggi, sedangkan kelas eksperimen-2 sebesar 65% dengan kategori sedang. Hasil uji coba juga menunjukkan ada pengaruh afektif dan psikomotor terhadap hasil belajar kognitif siswa secara parsial dan simultan. Kontribusi atau pengaruh afekfif dan psikomotor terhadap hasil belajar kognitif siswa sebesar 43,7%. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar melalui pembelajaran praktikum menggunakan penuntun praktikum IBM yang dikembangkan lebih tinggi (R2 = 0,610) dengan kriteria kuat dibandingkan dengan pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar melalui pembelajaran praktikum menggunakan penuntun praktikum yang ada di sekolah (R2 = 0,077) dengan kriteria rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.340 712 Chr a |
Keywords: | Multimedia; Teori belajar; Media pembelajaran; Penuntun praktikum; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 04:40 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6612 |