Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The Way dan Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Elektronika Dasar Kelas X Teknik Komputer Jaringan

Manik, Jhony Chesa (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The Way dan Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Elektronika Dasar Kelas X Teknik Komputer Jaringan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.5133331009 COVER.pdf] Text
1. NIM.5133331009 COVER.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5133331009 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5133331009 APPROVAL SHEET.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 3.NIM.5133331009 ABSTRACT.pdf] Text
3.NIM.5133331009 ABSTRACT.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4. NIM 5133331009 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5133331009 PREFACE.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 5. NIM 5133331009 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5133331009 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5133331009 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM. 5133331009 ILLUSTRATION.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 7. NIM 5133331009 TABLES.pdf] Text
7. NIM 5133331009 TABLES.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 8. NIM.5133331009 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.5133331009 CHAPTER I.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 9. NIM.5133331009 CHAPTER II.pdf] Text
9. NIM.5133331009 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[thumbnail of 10. NIM 5133331009 CHAPTER III.pdf] Text
10. NIM 5133331009 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[thumbnail of 11. NIM 5133331009 CHAPTER IV.pdf] Text
11. NIM 5133331009 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[thumbnail of 12. NIM 5133331009 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM 5133331009 CHAPTER V.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 13. NIM 5133331009 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM 5133331009 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 14. NIM 5133331009 ENCLOSURE.pdf] Text
14. NIM 5133331009 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh hasil belajar Elektronika Dasar Khususnya Pada Materi Konsep Dasar Bipolar Junction Transistor (BJT) Sebagai Penguat Dan Piranti Saklar Antara Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Modelling The Way Dengan siswa yang diajarkan Dengan Model Pembelajaran Group Investigation.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimental, dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Yang Mengikuti Mata Pelajaran Elektronika Dasar dengan Kompetensi Memahami Konsep Dasar Bipolar Junction Transistor (BJT) Sebagai Penguat Dan Piranti Saklar. Sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas eksperimen kelas X TKJ 1 yang menerapkan Model Pembelajaran Modelling The Way yang berjumlah 30 siswa serta siswa kelas X TKJ 2 menjadi kelas kontrol yang menerapkan Model Pembelajaran Group Investigation yang berjumlah 30 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 60 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh hasil belajar Elektronika Dasar antara Model Pembelajaran Modelling The Way dengan Model Pembelajaran Group Investigation, dimana hasil belajar Elektronika Dasar untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Modelling The Way lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 23.76 dan rata rata pada kelas kelompok kontrol sebesar 20.16. Untuk menguji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen Memahami Konsep Dasar Bipolar Junction Transistor (BJT) Sebagai Penguat Dan Piranti Saklar dengan Model Pembelajaran Modelling The Way diperoleh Lhitung sebesar 0.117 dan Ltabel sebesar 0.161 karena Lhitung < Ltabel atau 0.117 < 0.161, maka data instrumen pada kelas Modelling The Way pada kategori Normal, uji normalitas instrument Memahami Konsep Dasar Bipolar Junction Transistor (BJT) Sebagai Penguat Dan Piranti Saklar dengan Model Pembelajaran Group Investigation diperoleh Lhitung sebesar 0.126 dan Ltabel = 0.161 karena Lhitung < Ltabel atau 0.126 < 0.161, maka data instrumen pada kelas Group Investigation pada kategori Normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar Elektronika Dasar diperoleh Fhitung sebesar 1,039 dan Ftabel 1,860 karena Fhitung < Ftabel atau 1,039 < 1,860 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat Perbedaan Hasil Belajar Elektronika Dasar Antara penggunaan model Pembelajaran Modelling The Way dan Group Investigation. Hal ini terlihat dari nilai thitung = 5.660 yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,672.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; Group investigation; Eksperimental
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4150 Computer network resources
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Dec 2025 03:23
Last Modified: 18 Dec 2025 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65745

Actions (login required)

View Item
View Item