Sinurat, Ignatius T K (2019) Hubungan Motivasi Belajar dan Efikasi Diri dengan Hasil Belajar Sistem Rem Pada Siswa Kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Swasta Markus 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123122017 COVER.pdf
Download (94kB)
2. NIM 5123122017 APPROVAL SHEET.pdf
Download (270kB)
3. NIM 5123122017 ABSTRACT.pdf
Download (87kB)
4. NIM 5123122017 PREFACE.pdf
Download (141kB)
5. NIM 5123122017 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (85kB)
6. NIM 5123122017 TABLES.pdf
Download (56kB)
7. NIM 5123122017 ILLUSTRATION.pdf
Download (54kB)
8. NIM 5123122017 APENDICES.pdf
Download (83kB)
9. NIM 5123122017 CHAPTER I.pdf
Download (368kB)
10. NIM 5123122017 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 5123122017 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (728kB)
12. NIM 5123122017 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (923kB)
13. NIM 5123122017 CHAPTER V.pdf
Download (67kB)
14. NIM 5123122017 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (178kB)
15. NIM 5123122017 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan efikasi diri, hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar sistem rem, hubungan antara motivasi belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar sistem rem pada siswa kelas XI TSM SMK S Markus 2 Medan T.A 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, memakai instrument angket model likert dan tes. Jumlah populasi 50 siswa. Uji validitas angket menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji validitas tes menggunakan Korelasi Point Biserial, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder dan Richardson dengan K-R 20. Hasil penelitian di analisis menggunakan koefisien korelasi Korelasi Product Moment, korelasi parsial dan korelasi ganda dengan bantuan program SPSS Versi 24.00. Dari hasil analisis data pada N = 50 taraf signifikan 5 % diperoleh hasil uji hipotesis yaitu: hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar sistem rem adalah koefisien untuk motivasi belajar sebesar 0,575 dengan nilai thitung = 5,979 dan nilai ttabel = 2,0117 diperoleh hubungan yang positif dan signifikan, hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar sistem rem adalah analisis regresi ganda koefisien untuk efikasi diri sebsar 0,366 dengan nilai thitung = 4,613 dan nilai ttabel = 2,0117 diperoleh hubungan yang positif dan signifikan serta hubungan antara motivasi belajar dan efikasi diri dengan hasil belajar sistem rem adalah berdasarkan hasil uji F menunjukkan Fhitung = 65,234 dan Ftabel = 3,20 maka diperoleh hubungan yang positif dan signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan efikasi diri dengan hasil belajar sistem rem pada siswa kelas XI TSM SMK S Markus 2 Medan T.A 2018/2019.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Motivasi Belajar; Efikasi Diri; Hasil Belajar Sistem Rem |
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 04:07 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 04:07 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65720 |
