Priono, Bagus (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Lectora inspire Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 5133311002 COVER.pdf
Download (40kB)
2.NIM. 5133311002 APROVAL SHEET.pdf
Download (198kB)
3.NIM. 5133311002 ABSTRACT.pdf
Download (61kB)
4.NIM. 5133311002 PREPACE.pdf
Download (61kB)
5.NIM. 5133311002 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (86kB)
6.NIM. 5133311002 TABLES.pdf
Download (31kB)
7.NIM. 5133311002 ILUSTRATION.pdf
Download (31kB)
8. NIM. 5133311002 APPENDICES.pdf
Download (31kB)
9.NIM. 5133311002 CHAPTER I.pdf
Download (205kB)
10.NIM. 5133311002 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (632kB)
11.NIM. 5133311002 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (629kB)
12.NIM. 5133311002 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
13.NIM. 5133311002 CHAPTER V.pdf
Download (59kB)
14.NIM. 5133311002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (61kB)
15.NIM. 5133311002 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini secara umum merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran termasuk hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, media pembelajaran yang baik sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. Peneliti mencoba mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dapat digunakan dalam bentuk CD interaktif, menggunakan beberapa software yang terdiri dari Lactora Inspire, Camtasia Studio 7, dan AMR to MP3 Converter. Bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran dan juga memudahkan pengajar dalam menyampaikan pelajaran. Media pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model desain ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan berjumlah 29 orang. Pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan baik dengan skor pada panduan penggunaan media, skor kelayakan media pembelajaran adalah 4,36 pada konten atau/isi coursware, dan skor kelayakan materi pada media pembelajaran adalah 4,58. Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, siswa memberikan nilai pada uji coba I dan II juga mencapai indikator kelayakan Baik sebesar 4,70 dan 4,50. Dengan demikian, pengembang media pembelajaran layak dilakukan melihat dari penilaian para responden dan juga tanggapan positif dan mendukung untuk media pembelajaran ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan Multimedia Interaktif; Software Lectora; Mekanika Teknik |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:34 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 02:34 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65687 |
