Sihotang, Andreas F. J. (2019) Pengaruh Startegi Pembelajaran Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik Kelas X SMK N 1 Percut Medan T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5142121009 COVER.pdf
Download (50kB)
2. 5142121009 ABSTRACT.pdf
Download (145kB)
3. APPROVAL SHEET.pdf
Download (506kB)
4. 5142121009 PREPACE.pdf
Download (137kB)
5. 5142121009 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (227kB)
6. 5142121009 TABLES.pdf
Download (113kB)
7. 5142121009 ILLUSTRATION.pdf
Download (112kB)
8. APPENDICES.pdf
Download (115kB)
9. 5142121009 CHAPTER 1.pdf
Download (192kB)
10. 5142121009 CHAPTER 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (490kB)
11. 5142121009 CHAPTER 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (643kB)
12. 5142121009 CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (613kB)
13. 5142121009 CHAPTER V.pdf
Download (37kB)
14. 5142121009 BLIBIOGRAPHY.pdf
Download (117kB)
15. 5142121009 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes. Jenis penelitian ini digunakan dengan menggunkan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif (berupa nilai pre test dan Post test) pada siswa kelas X Teknik Produksi, dimana kelas X TP1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dan TP2 sebagai kelas Kontrol dengan memberikan perlakuan menggunakan strategi pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Menggambar Teknik. Hasil analisa data kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa saat pretest = 41,64 dan saat post tes=85,03 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata siswa saat pretes = 41,26 dan saat post tes = 81,05. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh Lhitung < Ltabel, Fhitung < Ftabel. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (2,39 > 1,667) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa dengan Strategi pembelajaran CLIS dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran STAD.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Strategi Pembelajaran CLIS; Hasil Belajar Menggambar Teknik |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 02:51 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 02:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65639 |
