Pengaruh Startegi Pembelajaran Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik Kelas X SMK N 1 Percut Medan T.P. 2018/2019

Sihotang, Andreas F. J. (2019) Pengaruh Startegi Pembelajaran Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik Kelas X SMK N 1 Percut Medan T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  5142121009 COVER.pdf] Text
1. 5142121009 COVER.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 2.  5142121009 ABSTRACT.pdf] Text
2. 5142121009 ABSTRACT.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 3. APPROVAL SHEET.pdf] Text
3. APPROVAL SHEET.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of 4. 5142121009 PREPACE.pdf] Text
4. 5142121009 PREPACE.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 5.  5142121009 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. 5142121009 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 6. 5142121009 TABLES.pdf] Text
6. 5142121009 TABLES.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 7. 5142121009 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. 5142121009 ILLUSTRATION.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8. APPENDICES.pdf] Text
8. APPENDICES.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 9. 5142121009 CHAPTER 1.pdf] Text
9. 5142121009 CHAPTER 1.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 10. 5142121009 CHAPTER 2.pdf] Text
10. 5142121009 CHAPTER 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[thumbnail of 11. 5142121009 CHAPTER 3.pdf] Text
11. 5142121009 CHAPTER 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[thumbnail of 12. 5142121009 CHAPTER 4.pdf] Text
12. 5142121009 CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[thumbnail of 13. 5142121009 CHAPTER V.pdf] Text
13. 5142121009 CHAPTER V.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 14. 5142121009 BLIBIOGRAPHY.pdf] Text
14. 5142121009 BLIBIOGRAPHY.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 15. 5142121009 ENCLOSURE.pdf] Text
15. 5142121009 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes. Jenis penelitian ini digunakan dengan menggunkan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif (berupa nilai pre test dan Post test) pada siswa kelas X Teknik Produksi, dimana kelas X TP1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dan TP2 sebagai kelas Kontrol dengan memberikan perlakuan menggunakan strategi pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Menggambar Teknik. Hasil analisa data kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa saat pretest = 41,64 dan saat post tes=85,03 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata siswa saat pretes = 41,26 dan saat post tes = 81,05. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh Lhitung < Ltabel, Fhitung < Ftabel. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (2,39 > 1,667) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa dengan Strategi pembelajaran CLIS dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran STAD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi Pembelajaran CLIS; Hasil Belajar Menggambar Teknik
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Dec 2025 02:51
Last Modified: 02 Dec 2025 02:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65639

Actions (login required)

View Item
View Item