Sitanggang, Windy Putri Maslita (2023) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP SWASTA IT AL- HIJRAH 2 DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183311010 COVER.pdf
Download (132kB)
2. NIM 4183311010 APPROVAL SHEET.pdf
Download (510kB)
3. NIM 4183311010 ABSTRACT.pdf
Download (144kB)
4. NIM 4183311010 PREFACE.pdf
Download (320kB)
5. NIM 4183311010 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (168kB)
6. NIM 4183311010 TABLE.pdf
Download (140kB)
7. NIM 4183311010 ILLUSTRATION.pdf
Download (113kB)
8. NIM 4183311010 APPENDICES.pdf
Download (141kB)
9. NIM 4183311010 CHAPTER I.pdf
Download (737kB)
10. NIM 4183311010 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (886kB)
11. NIM 4183311010 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (807kB)
12. NIM 4183311010 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 4183311010 CHAPTER V.pdf
Download (118kB)
14. NIM 4183311010 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (201kB)
15. NIM 4183311010 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Swasta IT Al-Hijrah 2 Deli Serdang pada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan sebanyak 35 siswa yang terpilih melalui teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 87,3935 dan pada kelas kontrol sebesar 54,3639, yang berarti terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Nilai thitung sebesar 8,428 dan nilai ttabel sebesar 2,03452, yang berarti thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Swasta IT Al-Hijrah 2 Deli Serdang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 05:06 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 05:06 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65407 |
