Siregar, Nur’ Athiyyah Muyassar (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4193131010 COVER.pdf
Download (152kB)
2. NIM 4193131010 APPROVAL SHEET.pdf
Download (937kB)
3. NIM 4193131010 ABSTRACT.pdf
Download (167kB)
4. NIM 4193131010 PREFACE.pdf
Download (490kB)
5. NIM 4193131010 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (340kB)
6. NIM 4193131010 ILLUSTRATION.pdf
Download (171kB)
7. NIM 4193131010 TABLES.pdf
Download (352kB)
8. NIM 4193131010 APPENDICES.pdf
Download (173kB)
9. NIM 4193131010 CHAPTER I.pdf
Download (429kB)
10. NIM 4193131010 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 4193131010 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (623kB)
12. NIM 4193131010 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 4193131010 CHAPTER V.pdf
Download (63kB)
14. NIM 4193131010 BIBLIOGRPAHY.pdf
Download (352kB)
15. NIM 4193131010 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi kesetimbangan kimia yang memenuhi kualifikasi pada aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas distraktor. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Percut Sei Tuan dengan subjek penelitian yaitu 36 siswa kelas XI C. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model 4D dengan 3 tahapan, yaitu: pendefenisian, perancangan, dan pengembangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Instrumen evaluasi yang disusun terdiri dari 30 item bentuk pilihan ganda. Hasil uji validasi isi diperoleh instrumen evaluasi keterampilan berpikir tingkat tinggi sangat valid menurut para ahli dari aspek materi, konstruksi, bahasa, dan aturan tambahan dengan nilai persentase rata-rata 88% dari dosen dan 86% dari guru PPG. Hasil uji kelayakan diperoleh 67% item valid, koefisien reliabilitas sebesar 0,742, 47% item dengan tingkat kesukaran sedang, 20% item dengan daya pembeda baik, dan 70% item memiliki efektivitas distraktor yang baik dan sangat baik.Hasil keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi kesetimbangan kimia termasuk pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata siswa secara keseluruhan sebesar 61. Adapun sebaran soal HOTS untuk jenjang kognitif C4 sebesar 80%, C5 sebesar 10%, dan C6 sebesar 10%
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | HOTS, instrumen evaluasi, kesetimbangan kimia |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:46 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 02:46 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65359 |
