Pulungan, Alfi Syahri (2012) STUDI TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SE-KECAMATAN BINJAI UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311004 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1104311004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
1104311004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1104311004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1104311004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
1104311004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
1104311004 BAB I.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
1104311004 BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1104311004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Kurangnya kemampuan guru dalam mengelola kelas, (2) kurangnya motivasi terhadap siswa, (3) adanya faktor penghambat dalam pengelolaan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui sejauh mana keterampilan guru dalam mengelola kelas pada proses pembelajarandi SD Negeri se-Kecamatan Utara, (2) mengetahui faktor-faktor penghambat keterampilan guru dalam mengelola kelas pada proses pembelajaran di SD Negeri se-Kecamatan Binjai Utara.Yang menjadi tempat penelitian ini ada 5 Sekolah Dasar yang terdapat dalam satu kecamatan. Adapun diantaranya tempat-tempat penelitiannya adalah: (1) SD Negeri 028289, (2) SD Negeri 020582, (3) SD Negeri 028066, (4) SD Negeri 026793, dan (5) SD Negeri 024753 di Kecamatan Binjai Utara. Dari ke-5 sekolah diambil jumlah sampel penelitian sebanyak 30 orang guru sebagai responden dalam penelitian ini. Dalam setiap sekolah masing-masing merupakan sekolah reguler, dimana masing-masing sekolah memiliki 2 kelas yaitu a dan b. Maka diambil sampel dari setiap sekolah sebanyak 6 orang, yang merupakan guru kelas IVa, IVb, Va, Vb, VIa, dan VIb.Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan guru dalam mengelola kelas telah dilaksanakan dengan baik ditandai dengan skor rata-rata yang diperoleh yaitu 2,67. Hal ini diperoleh pada aspek modifikasi tingkah laku dan aspek menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah mendapat kategori sangat baik. Adapun aspek yang harus lebih ditingkatkan adalah pada aspek kelancaran (smoothnees), karena mendapat kategori cukup. Dilihat dari perbandingan yang ada maka data keseluruhan skor yang didapat yaitu 2,67 dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa guru sudah menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan dapat mengembalikannya apabila terjadi gangguan dalam proses interaksi edukatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Pul s |
Keywords: | Keterampilan Guru; Proses Pembelajaran; Mengelola Kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6535 |