PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Sirait, Putri Krisyiana (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203321024_Cover.pdf] Text
4203321024_Cover.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4203321024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203321024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (708kB)
[thumbnail of 4203321024_Abstrak.pdf] Text
4203321024_Abstrak.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 4203321024_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203321024_Kata_Pengantar.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 4203321024_Daftar_Isi.pdf] Text
4203321024_Daftar_Isi.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 4203321024_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203321024_Daftar_Gambar.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 4203321024_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203321024_Daftar_Tabel.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4203321024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203321024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 4203321024_BAB_I.pdf] Text
4203321024_BAB_I.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 4203321024_BAB_II.pdf] Text
4203321024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[thumbnail of 4203321024_BAB_III.pdf] Text
4203321024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[thumbnail of 4203321024_BAB_IV.pdf] Text
4203321024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[thumbnail of 4203321024_BAB_V.pdf] Text
4203321024_BAB_V.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 4203321024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203321024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 4203321024_Lampiran.pdf] Text
4203321024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pecut Sei Tuan. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik Cluster random sampling yang terdiri dari duakelas, yaitu kelas X-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang terdiri dari 15 soal yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum diberikan perlakuan yang berbeda dilakukan pretes, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 29,773 dan nilai rata-rata pretes kelas control 29,185. Pada pengajian Normalitas dan homogenitas data pretes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh t hitung < t tabe l= 0,228 < 1,996 maka H0 diterima, artinya kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas control sama. Setelah selesai dilakukan pembelajaran pada kedua kelas maka dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 83,7 dan nilai rata-rata kelas control 76,23. Pada pengujian normalitas dan homogen data postes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t postes diperoleh bahwa t hitung > ttabe l= 4,53 > 1,668 maka Ha diterima, dimana ada perbedaan hasil belaj arantara kelas eksperimen dengan kelas control yang berar tiada pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 531.607
Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, usaha dan Energi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 13 Oct 2025 03:45
Last Modified: 13 Oct 2025 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65281

Actions (login required)

View Item
View Item