Sirait, Putri Krisyiana (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203321024_Cover.pdf
Download (210kB)
4203321024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (708kB)
4203321024_Abstrak.pdf
Download (247kB)
4203321024_Kata_Pengantar.pdf
Download (461kB)
4203321024_Daftar_Isi.pdf
Download (314kB)
4203321024_Daftar_Gambar.pdf
Download (217kB)
4203321024_Daftar_Tabel.pdf
Download (224kB)
4203321024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (232kB)
4203321024_BAB_I.pdf
Download (361kB)
4203321024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (744kB)
4203321024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (496kB)
4203321024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (461kB)
4203321024_BAB_V.pdf
Download (202kB)
4203321024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (161kB)
4203321024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pecut Sei Tuan. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik Cluster random sampling yang terdiri dari duakelas, yaitu kelas X-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang terdiri dari 15 soal yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum diberikan perlakuan yang berbeda dilakukan pretes, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 29,773 dan nilai rata-rata pretes kelas control 29,185. Pada pengajian Normalitas dan homogenitas data pretes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh t hitung < t tabe l= 0,228 < 1,996 maka H0 diterima, artinya kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas control sama. Setelah selesai dilakukan pembelajaran pada kedua kelas maka dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 83,7 dan nilai rata-rata kelas control 76,23. Pada pengujian normalitas dan homogen data postes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t postes diperoleh bahwa t hitung > ttabe l= 4,53 > 1,668 maka Ha diterima, dimana ada perbedaan hasil belaj arantara kelas eksperimen dengan kelas control yang berar tiada pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 531.607 |
| Keywords: | Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, usaha dan Energi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 13 Oct 2025 03:45 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 03:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65281 |
