Nurjana (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4191121002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121002_Cover.pdf
Download (44kB)
![[thumbnail of 4191121002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (615kB)
![[thumbnail of 4191121002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121002_Abstrak.pdf
Download (67kB)
![[thumbnail of 4191121002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121002_Kata_Pengantar.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of 4191121002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121002_Daftar_Isi.pdf
Download (96kB)
![[thumbnail of 4191121002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121002_Daftar_Gambar.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 4191121002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121002_Daftar_Tabel.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of 4191121002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 4191121002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121002_BAB_I.pdf
Download (470kB)
![[thumbnail of 4191121002_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 4191121002_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (759kB)
![[thumbnail of 4191121002_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (669kB)
![[thumbnail of 4191121002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121002_BAB_V.pdf
Download (270kB)
![[thumbnail of 4191121002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (288kB)
![[thumbnail of 4191121002_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4191121002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa. PBL merupakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana mereka diberikan suatu permasalahan nyata yang harus diselesaikan melalui kerja sama dan pemecahan masalah secara mandiri. Model ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa dibandingkan metode pembelajaran konvensional.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Mia di SMA Negeri Percut Sei Tuan, dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen yang menerapkan model PBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan, instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa essay sebanyak 5 soal yang telah valid mengukur hasil belajar siswa dalam peroses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas ekperimen 20,54688 dan kelas kontrol 23,75. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 59,128 dan kelas kontrol 52,421. Berdasarkan hasil analisis data uji t diperoleh hasil terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statik.Siswa yang belajar dengan model PBL mengalami peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan metode konvensional. Selain itu, berdasarkan hasil observasi, siswa dalam kelas PBL lebih aktif dalam diskusi, mampu berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.26 |
Keywords: | Problem Based Learning, Hasil belajar siswa, Fluida statik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 11 Oct 2025 11:10 |
Last Modified: | 11 Oct 2025 11:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65274 |