IDENTIFIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 3 MEDAN

Audina, Natasya (2025) IDENTIFIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202421026_Cover.pdf] Text
4202421026_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 4202421026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202421026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 4202421026_Abstrak.pdf] Text
4202421026_Abstrak.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 4202421026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202421026_Kata_Pengantar.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 4202421026_Daftar_Isi.pdf] Text
4202421026_Daftar_Isi.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 4202421026_Daftar_Gambar.pdf] Text
4202421026_Daftar_Gambar.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 4202421026_Daftar_Tabel.pdf] Text
4202421026_Daftar_Tabel.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 4202421026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4202421026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 4202421026_BAB_I.pdf] Text
4202421026_BAB_I.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4202421026_BAB_II.pdf] Text
4202421026_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4202421026_BAB_III.pdf] Text
4202421026_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[thumbnail of 4202421026_BAB_IV.pdf] Text
4202421026_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[thumbnail of 4202421026_BAB_V.pdf] Text
4202421026_BAB_V.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4202421026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202421026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 4202421026_Lampiran.pdf] Text
4202421026_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan strategi pembelajaran yang efektif pada materi Fluida Statis di SMA Negeri 3 Medan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya antusiasme dan hasil belajar siswa, dikarenakan metode pembelajaran yang didominasi ceramah serta minimnya pelaksanaan praktikum. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Proses analisis data dilakukan dengan bantuan diagram fishbone untuk mengidentifikasi faktor penyebab utama permasalahan, serta L- matrix untuk memetakan hubungan antar variabel yang memengaruhi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ceramah yang didukung media presentasi dan video masih kurang optimal dalam melibatkan siswa secara aktif. Faktor waktu, keterbatasan fasilitas, dan kurangnya variasi metode pembelajaran menjadi hambatan utama. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi seperti strategi pembelajaran man-environment yang menekankan pentingnya sinergi antara peningkatan kualitas sumber daya manusia (man) dan pengelolaan lingkungan pembelajaran (environment) untuk mengoptimalkan proses belajar-mengajar Fisika pada materi Fluida Statis. Strategi ini mampu menjawab permasalahan utama dalam pembelajaran dengan menciptakan keseimbangan antara kualitas guru sebagai fasilitator pembelajaran dan optimalisasi fasilitas pendukung yang tersedia. Hasil ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru fisika dan peneliti selanjutnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi Fluida Statis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.35
Keywords: strategi pembelajaran, Fluida Statis, fishbone, L-matrix
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 11 Oct 2025 03:29
Last Modified: 11 Oct 2025 03:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65272

Actions (login required)

View Item
View Item