Audina, Natasya (2025) IDENTIFIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202421026_Cover.pdf
Download (43kB)
4202421026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (366kB)
4202421026_Abstrak.pdf
Download (128kB)
4202421026_Kata_Pengantar.pdf
Download (432kB)
4202421026_Daftar_Isi.pdf
Download (143kB)
4202421026_Daftar_Gambar.pdf
Download (166kB)
4202421026_Daftar_Tabel.pdf
Download (161kB)
4202421026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (223kB)
4202421026_BAB_I.pdf
Download (184kB)
4202421026_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4202421026_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (636kB)
4202421026_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (592kB)
4202421026_BAB_V.pdf
Download (64kB)
4202421026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (163kB)
4202421026_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan strategi pembelajaran yang efektif pada materi Fluida Statis di SMA Negeri 3 Medan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya antusiasme dan hasil belajar siswa, dikarenakan metode pembelajaran yang didominasi ceramah serta minimnya pelaksanaan praktikum. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Proses analisis data dilakukan dengan bantuan diagram fishbone untuk mengidentifikasi faktor penyebab utama permasalahan, serta L- matrix untuk memetakan hubungan antar variabel yang memengaruhi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ceramah yang didukung media presentasi dan video masih kurang optimal dalam melibatkan siswa secara aktif. Faktor waktu, keterbatasan fasilitas, dan kurangnya variasi metode pembelajaran menjadi hambatan utama. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi seperti strategi pembelajaran man-environment yang menekankan pentingnya sinergi antara peningkatan kualitas sumber daya manusia (man) dan pengelolaan lingkungan pembelajaran (environment) untuk mengoptimalkan proses belajar-mengajar Fisika pada materi Fluida Statis. Strategi ini mampu menjawab permasalahan utama dalam pembelajaran dengan menciptakan keseimbangan antara kualitas guru sebagai fasilitator pembelajaran dan optimalisasi fasilitas pendukung yang tersedia. Hasil ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru fisika dan peneliti selanjutnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi Fluida Statis
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 372.35 |
| Keywords: | strategi pembelajaran, Fluida Statis, fishbone, L-matrix |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 11 Oct 2025 03:29 |
| Last Modified: | 11 Oct 2025 03:29 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65272 |
