Imran, Fazri (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193121025_Cover.pdf
Download (179kB)
4193121025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (940kB)
4193121025_Abstrak.pdf
Download (442kB)
4193121025_Kata_Pengantar.pdf
Download (552kB)
4193121025_Daftar_Isi.pdf
Download (807kB)
4193121025_Daftar_Gambar.pdf
Download (552kB)
4193121025_Daftar_Tabel.pdf
Download (418kB)
4193121025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (518kB)
4193121025_BAB_I.pdf
Download (768kB)
4193121025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4193121025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4193121025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4193121025_BAB_V.pdf
Download (440kB)
4193121025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (577kB)
4193121025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, hasil uji kelayakan dan hasil keterampilan berpikir kritis peserta didik terhadap instrumen tes keterampilan berpikir kritis pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Evalution, and Implementation). Instrumen tes dikembangkan berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis oleh Facione. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 6 Medan yang berjumlah 10 peserta didik pada uji coba skala kecil dan 30 peserta didik pada uji coba skala besar. Hasil data yang diperoleh dari validasi isi menggunakan skala Guttman. Subjek validasi isi terdiri dari 2 dosen fisika dan 1 guru fisika. Uji coba skala kecil diperoleh 8 soal valid dan 2 soal tidak valid, nilai reliabilitas sebesar 0,929 kategori sangat tinggi, tingkat kesukaran diperoleh 1 soal dengan kriteria mudah dan 9 soal sedang, daya beda diperoleh 1 soal kategori tidak baik, 1 soal kategori cukup, dan 8 soal kategori baik. Uji coba skala besar diperoleh 8 soal valid, nilai reliabilitas sebesar 0,907 kategori sangat tinggi, tingkat kesukaran diperoleh 2 soal dengan kriteria mudah dan 6 soal sedang, daya beda diperoleh 8 soal kategori baik. Hasil keterampilan berpikir kritis peserta didik memperoleh rata-rata 67,83% dengan kriteria krisis.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 371.26 |
| Keywords: | Instrumen tes, keterampilan berpikir kritis, momentum dan impuls, ADDIE |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 04:00 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 04:00 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65259 |
