PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Imran, Fazri (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193121025_Cover.pdf] Text
4193121025_Cover.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4193121025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193121025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (940kB)
[thumbnail of 4193121025_Abstrak.pdf] Text
4193121025_Abstrak.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of 4193121025_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193121025_Kata_Pengantar.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of 4193121025_Daftar_Isi.pdf] Text
4193121025_Daftar_Isi.pdf

Download (807kB)
[thumbnail of 4193121025_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193121025_Daftar_Gambar.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of 4193121025_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193121025_Daftar_Tabel.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 4193121025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193121025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of 4193121025_BAB_I.pdf] Text
4193121025_BAB_I.pdf

Download (768kB)
[thumbnail of 4193121025_BAB_II.pdf] Text
4193121025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4193121025_BAB_III.pdf] Text
4193121025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4193121025_BAB_IV.pdf] Text
4193121025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4193121025_BAB_V.pdf] Text
4193121025_BAB_V.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of 4193121025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193121025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of 4193121025_Lampiran.pdf] Text
4193121025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, hasil uji kelayakan dan hasil keterampilan berpikir kritis peserta didik terhadap instrumen tes keterampilan berpikir kritis pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Evalution, and Implementation). Instrumen tes dikembangkan berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis oleh Facione. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 6 Medan yang berjumlah 10 peserta didik pada uji coba skala kecil dan 30 peserta didik pada uji coba skala besar. Hasil data yang diperoleh dari validasi isi menggunakan skala Guttman. Subjek validasi isi terdiri dari 2 dosen fisika dan 1 guru fisika. Uji coba skala kecil diperoleh 8 soal valid dan 2 soal tidak valid, nilai reliabilitas sebesar 0,929 kategori sangat tinggi, tingkat kesukaran diperoleh 1 soal dengan kriteria mudah dan 9 soal sedang, daya beda diperoleh 1 soal kategori tidak baik, 1 soal kategori cukup, dan 8 soal kategori baik. Uji coba skala besar diperoleh 8 soal valid, nilai reliabilitas sebesar 0,907 kategori sangat tinggi, tingkat kesukaran diperoleh 2 soal dengan kriteria mudah dan 6 soal sedang, daya beda diperoleh 8 soal kategori baik. Hasil keterampilan berpikir kritis peserta didik memperoleh rata-rata 67,83% dengan kriteria krisis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 371.26
Keywords: Instrumen tes, keterampilan berpikir kritis, momentum dan impuls, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Oct 2025 04:00
Last Modified: 09 Oct 2025 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65259

Actions (login required)

View Item
View Item