PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 8 MEDAN

Panggabean, Cristina (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203321019_Cover.pdf] Text
4203321019_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 4203321019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203321019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of 4203321019_Abstrak.pdf] Text
4203321019_Abstrak.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 4203321019_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203321019_Kata_Pengantar.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 4203321019_Daftar_Isi.pdf] Text
4203321019_Daftar_Isi.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 4203321019_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203321019_Daftar_Gambar.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 4203321019_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203321019_Daftar_Tabel.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 4203321019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203321019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4203321019_BAB_I.pdf] Text
4203321019_BAB_I.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of 4203321019_BAB_II.pdf] Text
4203321019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4203321019_BAB_III.pdf] Text
4203321019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4203321019_BAB_IV.pdf] Text
4203321019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4203321019_BAB_V.pdf] Text
4203321019_BAB_V.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 4203321019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203321019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of 4203321019_Lampiran.pdf] Text
4203321019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepraktisan, dan efektivitas emodul berbasis inkuiri terbimbing pada materi usaha dan energi di SMA Negeri 8 Medan. Metode pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), dengan subjek penelitian 30 siswa kelas X-2. Pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi dan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi, dengan nilai kelayakan media sebesar 88,32 % dan kelayakan materi sebesar 89,86%. Dari segi kepraktisan, e-modul memperoleh respon sangat layak, siswa (86,61%). Uji efektivitas menggunakan uji effect size (0,689) menunjukkan bahwa e-modul ini besar pengaruhnya jika digunakan dalam pembelajaran fisika. Dengan demikian, e-modul fisika berbasis inkuiri terbimbing ini dinyatakan praktis, dan efektif dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran fisika di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 371.33
Keywords: e-modul, inkuiri terbimbing, usaha dan energi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:50
Last Modified: 09 Oct 2025 02:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65254

Actions (login required)

View Item
View Item