PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

Samosir, Beatrix (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203121055_Cover.pdf] Text
4203121055_Cover.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121055_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203121055_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of 4203121055_Abstrak.pdf] Text
4203121055_Abstrak.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 4203121055_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203121055_Kata_Pengantar.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121055_Daftar_Isi.pdf] Text
4203121055_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203121055_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203121055_Daftar_Gambar.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4203121055_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203121055_Daftar_Tabel.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4203121055_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203121055_Daftar_Lampiran.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 4203121055_BAB_I.pdf] Text
4203121055_BAB_I.pdf

Download (742kB)
[thumbnail of 4203121055_BAB_II.pdf] Text
4203121055_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4203121055_BAB_III.pdf] Text
4203121055_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4203121055_BAB_IV.pdf] Text
4203121055_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[thumbnail of 4203121055_BAB_V.pdf] Text
4203121055_BAB_V.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121055_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203121055_Daftar_Pustaka.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121055_Lampiran.pdf] Text
4203121055_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan PhET terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XII MIPA SMA Swasta Eria Medan. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling dan diberikan perlakuan berbeda. Kelas XII MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan model discovery learning berbantuan PhET dan kelas XII MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata pretest dan postest kelas eksperimen adalah 43 dan 80 sedangkan kelas kontrol adalah 40 dan 73. Berdasarkan hasil uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan model discovery learning berbantuan PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas XII semester I SMA Swasta Eria Medan T.P 2024/2025

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 371.334
Keywords: Discovery Learning, PhET, Listrik Dinamis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:05
Last Modified: 08 Oct 2025 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65251

Actions (login required)

View Item
View Item