Yusra, Asphi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE DENGAN DESAIN FLIPPED LEARNING PADA MATERI SUMBER ENERGI DI MAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203121064_Cover.pdf
Download (3MB)
4203121064_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (841kB)
4203121064_Abstrak.pdf
Download (3MB)
4203121064_Kata_Pengantar.pdf
Download (634kB)
4203121064_Daftar_Isi.pdf
Download (3MB)
4203121064_Daftar_Gambar.pdf
Download (3MB)
4203121064_Daftar_Tabel.pdf
Download (3MB)
4203121064_Daftar_Lampiran.pdf
Download (3MB)
4203121064_BAB_I.pdf
Download (3MB)
4203121064_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
4203121064_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
4203121064_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
4203121064_BAB_V.pdf
Download (3MB)
4203121064_Daftar_Pustaka.pdf
Download (3MB)
4203121064_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan yang ditemui di lokasi penelitian yakni ketersediaan bahan ajar berbasis virtual yang masih belum memadai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Videoscribe dengan desain Flipped Learning pada materi sumber energi di MAN yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kelayakan, uji Aiken-V, dan N-Gain. Hasil pengembangan media pembelajaran Videoscribe dengan desain Flipped Learning memperoleh nilai validitas dari ahli materi sebesar 86,4% dan dari ahli media sebesar 93% yang berarti media pembelajaran Videoscribe ini berada pada kategori sangat baik. Selanjutnya hasil angket tanggapan guru dan peserta didik yang telah dihitung menggunakan formula aiken-V juga menunjukkan media pembelajaran Videoscribe berada pada kategori praktis dengan perolehan nilai 0,8 dari guru, 0,71 dari siswa kelompok kecil, dan 0,73 dari siswa kelompok besar. Kemudian nilai keefektifan media yang diambil dari hasil pretest dan posttest dengan N-Gain memperoleh nilai 72% berada pada kriteria sangat baik. Manfaat yang diperoleh yakni diperoleh peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diukur dengan Gain serta terbantunya guru saat menyampaikan materi pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 371.334 |
| Keywords: | Media Pembelajaran, Videoscribe, Flipped Learning |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 07:59 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 07:59 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65250 |
