PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE DENGAN DESAIN FLIPPED LEARNING PADA MATERI SUMBER ENERGI DI MAN

Yusra, Asphi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE DENGAN DESAIN FLIPPED LEARNING PADA MATERI SUMBER ENERGI DI MAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203121064_Cover.pdf] Text
4203121064_Cover.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121064_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203121064_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (841kB)
[thumbnail of 4203121064_Abstrak.pdf] Text
4203121064_Abstrak.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121064_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203121064_Kata_Pengantar.pdf

Download (634kB)
[thumbnail of 4203121064_Daftar_Isi.pdf] Text
4203121064_Daftar_Isi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121064_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203121064_Daftar_Gambar.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121064_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203121064_Daftar_Tabel.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121064_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203121064_Daftar_Lampiran.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121064_BAB_I.pdf] Text
4203121064_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121064_BAB_II.pdf] Text
4203121064_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 4203121064_BAB_III.pdf] Text
4203121064_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 4203121064_BAB_IV.pdf] Text
4203121064_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 4203121064_BAB_V.pdf] Text
4203121064_BAB_V.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121064_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203121064_Daftar_Pustaka.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121064_Lampiran.pdf] Text
4203121064_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemui di lokasi penelitian yakni ketersediaan bahan ajar berbasis virtual yang masih belum memadai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Videoscribe dengan desain Flipped Learning pada materi sumber energi di MAN yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kelayakan, uji Aiken-V, dan N-Gain. Hasil pengembangan media pembelajaran Videoscribe dengan desain Flipped Learning memperoleh nilai validitas dari ahli materi sebesar 86,4% dan dari ahli media sebesar 93% yang berarti media pembelajaran Videoscribe ini berada pada kategori sangat baik. Selanjutnya hasil angket tanggapan guru dan peserta didik yang telah dihitung menggunakan formula aiken-V juga menunjukkan media pembelajaran Videoscribe berada pada kategori praktis dengan perolehan nilai 0,8 dari guru, 0,71 dari siswa kelompok kecil, dan 0,73 dari siswa kelompok besar. Kemudian nilai keefektifan media yang diambil dari hasil pretest dan posttest dengan N-Gain memperoleh nilai 72% berada pada kriteria sangat baik. Manfaat yang diperoleh yakni diperoleh peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diukur dengan Gain serta terbantunya guru saat menyampaikan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 371.334
Keywords: Media Pembelajaran, Videoscribe, Flipped Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 08 Oct 2025 07:59
Last Modified: 08 Oct 2025 07:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65250

Actions (login required)

View Item
View Item