PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES CRITICAL THINKING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI FISIKA SMA

Aminah (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES CRITICAL THINKING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI FISIKA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4182121002_Cover.pdf] Text
4182121002_Cover.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 4182121002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4182121002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (806kB)
[thumbnail of 4182121002_Abstrak.pdf] Text
4182121002_Abstrak.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 4182121002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4182121002_Kata_Pengantar.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of 4182121002_Daftar_Isi.pdf] Text
4182121002_Daftar_Isi.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 4182121002_Daftar_Gambar.pdf] Text
4182121002_Daftar_Gambar.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of 4182121002_Daftar_Tabel.pdf] Text
4182121002_Daftar_Tabel.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 4182121002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4182121002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 4182121002_BAB_I.pdf] Text
4182121002_BAB_I.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 4182121002_BAB_II.pdf] Text
4182121002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4182121002_BAB_III.pdf] Text
4182121002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[thumbnail of 4182121002_BAB_IV.pdf] Text
4182121002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 4182121002_BAB_V.pdf] Text
4182121002_BAB_V.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of 4182121002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4182121002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 4182121002_Lampiran.pdf] Text
4182121002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes Critical Thinking pada materi Usaha dan Energi Fisika SMA yang memenuhi karakteristik pada aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan efektivitas pengecoh serta untuk memetakan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan model Research and Development menggunakan model penelitian desain pendidikan Tjeerd Plomp yang terintegrasi dengan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen yang dikembangkan terdiri dari 20 item soal pilihan berganda. Hasil uji validasi isi menurut ahli materi, konstruksi dan bahasa diperoleh nilai rata- rata 0,97 dengan kategori validitas tinggi. Hasil uji kelas kecil diperoleh 75% item valid, reliabilitas tinggi dengan nilai 0,82, 50% tingkat kesukaran sedang, 60% daya beda item kategori cukup dengan rata- rata 0,38 dan 85% efektivitas pengecoh kategori baik. Hasil uji kelas besar diperoleh 80% item valid, reliabilitas sedang dengan nilai 0,62, 70% tingkat kesukaran kategori sedang, rata- rata daya pembeda 0,32 kategori cukup dan 95% item dengan efektivitas pengecoh kategori baik. Instrumen tes yang dikembangkan dapat memetakan kemampuan berpikir kritis siswa dengan dua pemetaan yaitu pemetaan berdasarkan indikator tiap item tes dan pemetaan berdasarkan lembar jawaban siswa. Hasil pemetaan diperoleh rentang kemampuan berpikir kritis siswa adalah 0%-20% dengan kategori tidak memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 371.26
Keywords: Critical Thinking, Pilihan berganda, Usaha, Energi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 08 Oct 2025 07:37
Last Modified: 08 Oct 2025 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65248

Actions (login required)

View Item
View Item