Manullang, Sarma Geby Aprianti (2022) Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM GEMBROT terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2183311008 COVER.pdf
Download (40kB)
2. NIM 2183311008 APPROVAL SHEET.pdf
Download (222kB)
3. NIM 2183311008 ABSTRACT.pdf
Download (231kB)
4. NIM 2183311008 PREFACE.pdf
Download (168kB)
5. NIM 2183311008 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (440kB)
6. NIM 2183311008 LIST OF TABLE.pdf
Download (210kB)
7. NIM 2183311008 APPENDICES.pdf
Download (208kB)
8. NIM 2183311008 CHAPTER I.pdf
Download (758kB)
9. NIM 2183311008 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (884kB)
10. NIM 2183311008 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (921kB)
11. NIM 2183311008 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 2183311008 CHAPTER V.pdf
Download (237kB)
13. NIM 2183311008 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (393kB)
14. NIM 2183311008 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis kemampuan menulis puisi siswa
kelas X SMK Negeri 4 Medan tahun pembelajaran 2021/2022 sebelum
menggunakan model pembelajaran PAIKEM GEMBROT; (2) Menganalisis
kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 4 Medan tahun
pembelajaran 2021/2022 sesudah menggunakan model pembelajaran PAIKEM
GEMBROT; (3) Menganalisis pengaruh model pembelajaran PAIKEM
GEMBROT terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 4
Medan tahun pembelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post
test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 4
Medan yang berjumlah 307 orang dan sampel siswa kelas X AV 1 berjumlah 28
orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
kuantitatif dengan menggunakan uji persyaratan analisis, uji homogenitas dan uji
hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa
sebelum menggunakan model pembelajaran PAIKEM GEMBROT adalah 57,67
tergolong ke dalam kategori kurang sedangkan nilai rata-rata kemampuan siswa
sesudah menggunakan model pembelajaran PAIKEM GEMBROT adalah 82,14
tergolong kedalam kategori baik. Berdasarkan uji t diperoleh nilai pada taraf
signifikan α = 0,05 diperoleh nilai ketentuan ttabel sebesar 2,05 dan hasil thitung =
10,65. Jadi, thitung > ttabel yaitu 10,65 > 2,05 sehingga h0 ditolak dan ha diterima.
Demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model
pembelajaran PAIKEM GEMBROT terhadap kemampuan menulis puisi siswa
kelas X SMK Negeri 4 tahun pembelajaran 2021/2022.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran PAIKEM GEMBROT; Menulis Puisi |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 07:37 |
| Last Modified: | 02 Oct 2025 07:37 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65235 |
