Pengaruh Pemahaman Cerpen dan Drama terhadap Kemampuan Siswa dalam Mengubah Teks Cerpen menjadi Naskah Drama pada Kelas VIII di SMP Negeri 2 Medan

Sagala, Artha Uli (2022) Pengaruh Pemahaman Cerpen dan Drama terhadap Kemampuan Siswa dalam Mengubah Teks Cerpen menjadi Naskah Drama pada Kelas VIII di SMP Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2183111052 COVER.pdf] Text
1. NIM 2183111052 COVER.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 2. NIM 2183111052 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 2183111052 APPROVAL SHEET.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 3. NIM 2183111052 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 2183111052 ABSTRACT.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4. NIM 2183111052 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 2183111052 PREFACE.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 5. NIM 2183111052 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 2183111052 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 6. NIM 2183111052 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM 2183111052 LIST OF TABLE.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 7. NIM 2183111052 IST OF BAGAN.pdf] Text
7. NIM 2183111052 IST OF BAGAN.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 8. NIM 2183111052 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 2183111052 APPENDICES.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 9. NIM 2183111052 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 2183111052 CHAPTER I.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 10. NIM 2183111052 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 2183111052 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[thumbnail of 11. NIM 2183111052 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 2183111052 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[thumbnail of 12. NIM 2183111052 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 2183111052 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM 2183111052 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 2183111052 CHAPTER V.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 14. NIM 2183111052 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 2183111052 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 15. NIM 2183111052 ENDCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 2183111052 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap cerpen,
mengetahui pemahaman siswa terhadap drama dan untuk mengetahui apakah ada
pengaruh pemahaman cerpen dan drama terhadap kemampuan siswa dalam
mengubah teks cerpen menjadi naskah drama. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kolerasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini
melibatkan dua variabel independen dan satu variabel dependen, dengan
pemahaman siswa terhadap cerpen (X1) dan pemahaman siswa terhadap drama
(X2) sebagai variabel independen, sedangkan kemampuan mengubah teks cerpen
menjadi naskah drama (Y) sebagai variabel dependen. Teknik pengumpulan data
meliputi empat langkah diantaranya ialah menstabulasi skor/nilai tes pilihan
ganda dan uraian, mencari mean dan standar deviasi, melakukan uji persyaratan,
yakni uji normalitas, dan uji linearitas dan yang terakhir adalah melakukan uji
hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka hasil dari penelitian ini adalah
(1) pemahaman siswa kelas VIII-1 di SMP N 2 Medan terhadap cerpen (X1)
termasuk dalam kategori baik yaitu berada pada rata-rata 76,25, dengan standar
deviasi 9,29. X1 berdistribusi normal tehadap Y dimana Lhitung<Ltabel (0,1376 <
0,1591. Ftabel > Fhitung (0,26 > 2,42) berarti X1 dengan Y memiliki hubungan yang
linier. rhitung>rtabel (0,88>0,334) berarti X1 memiliki pengaruh yang signifikan
terhadapa Y sebesar 88%. (2) pemahaman siswa kelas VIII di SMP N 2 Medan
terhadap drama (X2) termasuk dalam kategori baik yaitu berada pada rata-rata
76,77, dengan standar deviasi 8,35. X2 berdistribusi normal terhadap Y dimana
Lhitung<Ltabel (0,155 < 0,159. Fhitung > Ftabel (0,31>2,47) berarti X2 dengan Y
memiliki hubungan yang linier. rhitung>rtabel (0,85>0,33) berarti X2 memiliki
pengaruh yang signifikan terhadapa Y sebesar 85%, (3) kemampuan siswa kelas
VIII di SMP N 2 Medan dalam mengubah teks cerpen menjadi naaskah drama
termasuk dalam kategori baik, yaitu berada pada rata-rata 80,58 dengan standar
deviasi 7,31, setelah dilakukan perhitungan kolerasi ganda maka diperoleh
adanya pengaruh yang signifikan dari pemahaman cerpen (X1) dan drama (X2)
terhadap kemampuan siswa dalam mengubah teks cerpen menjadi naskah drama
yaitu sebesar 79 %, dengan thitung>ttabel (0,79 > 0,334) dengan nilai signifikansi
0,05. Dengan demikian untuk Hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: cerita pendek; drama; naskah drama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 02 Oct 2025 02:35
Last Modified: 02 Oct 2025 02:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65217

Actions (login required)

View Item
View Item