PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK KELAS XI TIPTL SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Seno, Mhd. Iqbal (2019) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK KELAS XI TIPTL SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 5133131017 COVER.pdf] Text
01. NIM 5133131017 COVER.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 02. NIM 5133131017 APPROVAL OF SHEET.pdf] Text
02. NIM 5133131017 APPROVAL OF SHEET.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 03. NIM 5133131017 ABSTRACK.pdf] Text
03. NIM 5133131017 ABSTRACK.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 04. NIM 5133131017 PREFACE .pdf] Text
04. NIM 5133131017 PREFACE .pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 05. NIM 5133131017  TABEL OF CONTENT.pdf] Text
05. NIM 5133131017 TABEL OF CONTENT.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 06. NIM 5133131017  ILLUSTRATION.pdf] Text
06. NIM 5133131017 ILLUSTRATION.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 07. NIM 5133131017  TABLES.pdf] Text
07. NIM 5133131017 TABLES.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 08. NIM 5133131017  APPENDIX LIST.pdf] Text
08. NIM 5133131017 APPENDIX LIST.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 09. NIM 5133131017  CHAPTER I.pdf] Text
09. NIM 5133131017 CHAPTER I.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of 10. NIM 5133131017  CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 5133131017 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 5133131017  CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 5133131017 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM 5133131017  CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 5133131017 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM 5133131017  CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5133131017 CHAPTER V.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 14. NIM 5133131017  BIBLOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5133131017 BIBLOGRAPHY.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 15. NIM 5133131017  ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 5133131017 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Program keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik adalah suatu program keahlian yang mempelajari tentang cara memanfaatkan energi listrik meliputi teknik instalasi, prosedur instalasi, karakteristik beban instalasi dan lainnya. Program keahlian tersebut mencakup materi ajar yaitu materi yang mempelajari tentang PUIL 2000 dan materi Perangkat Hubung Bagi Tegangan Rendah. strategi pembelajaran Project Based Learning merupakan strategi pembelajaran inovatif yang melibatkan kerja proyek dimana peserta didik bekerja secara mandiri maupun berkelompok dalam mengkontruksi pembelajarannya dan diwujudkan dalam bentuk produk nyata, berdasarkan teori tersebut maka penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek sesuai dengan materi standart puil 2000 dan perangkat hubung bagi tegangan rendah. Dari hasil penelitian didapat bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik pada materi PUIL 2000 dan perangkat PHB TR yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik pada ranah kognitif memiliki skor rata – rata 77,00 dengan skor tertinggi yang diperoleh siswa 96,70 dan skor terendah 43,30 dan pada ranah psikomotorik memiliki skor rata – rata 84,97 dengan skor tertinggi yang diperoleh siswa 95,45 dan skor terendah 70,45.Hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik pada materi PUIL 2000 dan perangkat PHB TR yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik pada ranah kognitif memiliki skor rata-rata 68,93 dengan skor tertinggi yang diperoleh siswa 93,30 dan skor terendah 40,00 dan pada ranah psikomotorik memiliki skor rata – rata 77,86 dengan skor tertinggi yang diperoleh siswa 93,18 dan skor terendah 61,36. Hasil belajar siswa pada materi PUIL 2000 dan perangkat PHB TR yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori”. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis untuk ranah kognitif dimana thitung > ttabel yaitu 2,247 > 1,671 dan pada ranah psikomotorik dimana thitung > ttabel yaitu 3,761 > 1,671 dengan taraf signifikan t = (0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi Proyek; Hasil Belajar; Instalasi Tenaga Listrik; SMK; Negeri 1 Percut Sei Tuan
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Sep 2025 08:52
Last Modified: 15 Sep 2025 08:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65164

Actions (login required)

View Item
View Item