Seno, Mhd. Iqbal (2019) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK KELAS XI TIPTL SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5133131017 COVER.pdf
Download (83kB)
02. NIM 5133131017 APPROVAL OF SHEET.pdf
Download (475kB)
03. NIM 5133131017 ABSTRACK.pdf
Download (173kB)
04. NIM 5133131017 PREFACE .pdf
Download (171kB)
05. NIM 5133131017 TABEL OF CONTENT.pdf
Download (270kB)
06. NIM 5133131017 ILLUSTRATION.pdf
Download (58kB)
07. NIM 5133131017 TABLES.pdf
Download (164kB)
08. NIM 5133131017 APPENDIX LIST.pdf
Download (166kB)
09. NIM 5133131017 CHAPTER I.pdf
Download (575kB)
10. NIM 5133131017 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 5133131017 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 5133131017 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 5133131017 CHAPTER V.pdf
Download (239kB)
14. NIM 5133131017 BIBLOGRAPHY.pdf
Download (274kB)
15. NIM 5133131017 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Program keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik adalah suatu program keahlian yang mempelajari tentang cara memanfaatkan energi listrik meliputi teknik instalasi, prosedur instalasi, karakteristik beban instalasi dan lainnya. Program keahlian tersebut mencakup materi ajar yaitu materi yang mempelajari tentang PUIL 2000 dan materi Perangkat Hubung Bagi Tegangan Rendah. strategi pembelajaran Project Based Learning merupakan strategi pembelajaran inovatif yang melibatkan kerja proyek dimana peserta didik bekerja secara mandiri maupun berkelompok dalam mengkontruksi pembelajarannya dan diwujudkan dalam bentuk produk nyata, berdasarkan teori tersebut maka penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek sesuai dengan materi standart puil 2000 dan perangkat hubung bagi tegangan rendah. Dari hasil penelitian didapat bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik pada materi PUIL 2000 dan perangkat PHB TR yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik pada ranah kognitif memiliki skor rata – rata 77,00 dengan skor tertinggi yang diperoleh siswa 96,70 dan skor terendah 43,30 dan pada ranah psikomotorik memiliki skor rata – rata 84,97 dengan skor tertinggi yang diperoleh siswa 95,45 dan skor terendah 70,45.Hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik pada materi PUIL 2000 dan perangkat PHB TR yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik pada ranah kognitif memiliki skor rata-rata 68,93 dengan skor tertinggi yang diperoleh siswa 93,30 dan skor terendah 40,00 dan pada ranah psikomotorik memiliki skor rata – rata 77,86 dengan skor tertinggi yang diperoleh siswa 93,18 dan skor terendah 61,36. Hasil belajar siswa pada materi PUIL 2000 dan perangkat PHB TR yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori”. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis untuk ranah kognitif dimana thitung > ttabel yaitu 2,247 > 1,671 dan pada ranah psikomotorik dimana thitung > ttabel yaitu 3,761 > 1,671 dengan taraf signifikan t = (0,05).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Strategi Proyek; Hasil Belajar; Instalasi Tenaga Listrik; SMK; Negeri 1 Percut Sei Tuan |
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 15 Sep 2025 08:52 |
| Last Modified: | 15 Sep 2025 08:52 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65164 |
