Azhari, Rajab (2023) Persepsi Siswa Terhadap Perilaku Bullying serta Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling di SMP N 1 Sosa T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1173351051_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351051_Cover.pdf
Download (128kB)
![[thumbnail of 1173351051_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351051_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (311kB)
![[thumbnail of 1173351051_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351051_Abstrak.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 1173351051_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351051_Kata_Pengantar.pdf
Download (163kB)
![[thumbnail of 1173351051_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351051_Daftar_Isi.pdf
Download (166kB)
![[thumbnail of 1173351051_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351051_Daftar_Tabel.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of 1173351051_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351051_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1173351051_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351051_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
![[thumbnail of 1173351051_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351051_BAB_I.pdf
Download (392kB)
![[thumbnail of 1173351051_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351051_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (566kB)
![[thumbnail of 1173351051_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351051_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (393kB)
![[thumbnail of 1173351051_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351051_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (697kB)
![[thumbnail of 1173351051_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351051_BAB_V.pdf
Download (127kB)
![[thumbnail of 1173351051_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351051_Daftar_Pustaka.pdf
Download (262kB)
![[thumbnail of 1173351051_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351051_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang persepsi siswaterhadap perilaku bullying siswa kelas VII Dan VIII di SMP N 1 Sosa danmerumuskan program bimbingan dan konseling yang diberikan kepada siswatentang perilaku bullying siswa kelas VII Dan VIII di SMP N 1 Sosa. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalampenelitian ini berjumlah 82 siswa/responden di SMP N 1 Sosa dengan teknikpengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu menyebarkan angket kemudian di analisis dengan metodeanalisis deskriptif dan analisis statistik. Gambaran umum persepsi siswa terhadapperilaku bullying siswa kelas VII Dan VIII SMP N 1 Sosa tahun ajaran 2021/2022
secara keseluruhan dapat dikategorikan sedang dan tinggi. Kemudian persepsisiswa terhadap perilaku bullying yang ditinjau dari indikator unsur kelas VII Dan VIII Di SMP N 1 Sosa T.A 2021/2022 diperoleh kategori sangat tinggi sebanyak
0 (0%), hasil yang diperoleh dari angket yang dibagikan indikator unsur yang memperoleh kategori tinggi sebanyak 1 (25%), indikator unsur kategori sedang sebanyak 2(50%), sedangkan kategori rendah diperoleh sebanyak 1 (25%), serta
indikator unsur dari kategori sangat rendah diperoleh sebanyak 0 (0%). Selanjutnya hasil analisis persepsi siswa terhadap perilaku bullying yang ditinjau berdasarkan deskriptor diperoleh bahwa siswa kelas VII Dan VIII SMP N 1 Sosa Tahun Ajaran 2021/2022 kategori sangat rendah sebanyak 0 (0%) deskriptor. Hasil yang diperoleh dari angket yang dibagikan deskriptor yang memperoleh kategori rendah sebanyak 2 (33,4%), deskriptor dengan kategori sedang sebanyak2 (33,3%), sedangkan kategori tinggi diperoleh sebanyak 2 (33,3%) deskriptor,dan kategori sangat tinggi diperoleh sebanyak 0 (0%) deskriptor. Berdasarkan
data di atas, dirumuskan program bimbingan dan konseling yang memuatkan program tahunan dan program semester terkait dengan bidang pengembangan pribadi dan belajar dengan sub bidang pengembangan persepsi siswa terhadap perilaku bullying di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok; Teknik Modeling Simbolik; Perilaku Prososial |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology > LC212 Discrimination in education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:53 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65145 |