Sadli, Hardiyanti (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TANYA JAWAB DALAM MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 112320 AEK KOTA BATU T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313123 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
108313123 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
108313123 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
108313123 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
108313123 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108313123 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108313123 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108313123 BAB I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
108313123 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
108313123 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendah nya keterampilan bertanya siswa pada materi globalisasi di kelas IV SD Negeri 112320 Aek Kota Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan bertanya siswa dengan menggunakan metode Tanya jawab pada materi Globalisasi di lingkungan dan dirumah kelas IV SD Negeri 112320 Aek Kota Batu.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian sebanyak 22 orang siswa terdiri dari 8 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Data yang dianalisa dalam penelitian ini adalah keterampilan bertanya siswa. Adapun observasi yang dilakukan yaitu siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus I pertemuan II setiap indikator berani bertanya atau menyampaikan pendapat 44 dengan keterangan kurang, memperhatikan dan menyimak pertanyaan guru atau teman 54 dengan keterangan cukup, bertanya sesuai dengan topik atau materi yang sedang dipelajari 45 dengan keterangan kurang, mengungkapkan pertanyaan dengan jelas dan singkat 42 dengan keterangan kurang dan kelancaran bertanya 35 dengan keterangan kurang, dimana rata-rata 10, dengan 6 orang (27) yang kurang terampil dan 14 orang ( 63 ) yang cukup terampil, dan 2 orang ( 9 ) yang terampil. Dan pada siklus II pertemuan II berani bertanya atau menyampaikan pendapat 66 dengan keterangan kurang, memperhatikan dan menyimak pertanyaan guru atau teman 81 dengan keterangan sangant baik, 68 bertanya sesuai dengan topik atau materi yang sedang dipelajari 68 dengan keterangan , 67 mengungkapkan pertanyaan dengan jelas dan singkat dengan keterangan kurang dan 62 kelancaran bertanya dengan keterangan kurang, dimana rata-rata 15,81 dengan 3 orang ( 13) yang cukup terampil dan 14 orang ( 63 ) yang terampil, dan 5 orang ( 22 ) yang sangat terampil.Dari perolehan observasi mulai dari siklus I dan siklus II, menunjukkan adanya peningkatan keterampilan bertanya siswa. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Tanya jawab dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada pokok bahasan Globalisai dilingkungan sekolah dan dirumah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sad m |
Keywords: | Keterampilan Bertanya; Metode Tanya Jawab; Pelajaran PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6514 |