Pohan, Ade Lestari (2025) ANALISIS BUTIR SOAL-SOAL LATIHAN PADA BUKU PEGANGAN BIOLOGI SISWA SMA DARI BEBERAPA PENERBIT UNTUK MATERI EKOSISTEM. Undergraduate thesis, UNIMED.
4182141027_Cover.pdf
Download (64kB)
4182141027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (325kB)
4182141027_Abstrak.pdf
Download (61kB)
4182141027_Kata_Pengantar.pdf
Download (272kB)
4182141027_Daftar_Isi.pdf
Download (86kB)
4182141027_Daftar_Gambar.pdf
Download (147kB)
4182141027_Daftar_Tabel.pdf
Download (149kB)
4182141027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (148kB)
4182141027_BAB_I.pdf
Download (342kB)
4182141027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (890kB)
4182141027_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (626kB)
4182141027_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (620kB)
4182141027_BAB_V.pdf
Download (204kB)
4182141027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (252kB)
4182141027_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (887kB)
Abstract
Analisis butir soal pada buku teks merupakan langkah penting dalam menjamin kualitas pembelajaran dan evaluasi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesesuaian butir soal dengan Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (IKTP), penyebaran soal berdasarkan aspek kognitif Taksonomi Bloom Revisi, serta tingkat kelayakan soal berdasarkan aspek materi, konstruksi, dan bahasa pada buku pegangan Biologi SMA Kurikulum Merdeka materi ekosistem. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilaksanakan pada Februari-Juli 2023 di Kota Medan dengan menganalisis empat buku teks Biologi dari penerbit berbeda menggunakan teknik purposive sampling dan instrumen lembar observasi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat kesesuaian butir soal dengan IKTP bervariasi dari 67,39% hingga 100%, dengan dua buku mencapai kesesuaian sempurna; (2) distribusi aspek kognitif menunjukkan hanya satu buku yang mendekati proporsi ideal (LOTS 28,26%, MOTS 41,30%, HOTS 30,44%); dan (3) tiga buku mencapai kriteria "Sangat Layak" (85,71%-89,29%), sementara satu buku (Erlangga) berkategori "Layak" (80,36%) berdasarkan aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Temuan ini menggarisbawahi urgensi penyempurnaan kualitas soal pada buku teks, terutama dalam hal keseimbangan aspek kognitif dan konstruksi soal, untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka secara efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 371.26 |
| Keywords: | Analisis butir soal, buku teks biologi, indikator ketercapaian tujuan pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Taksonomi Bloom Revisi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 23 Aug 2025 06:16 |
| Last Modified: | 23 Aug 2025 06:16 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65103 |
