PENGARUH FASILITAS BELAJAR LABORATORIUM KOMPUTER DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA ELEMEN DASAR-DASAR KEJURUAN DI SMKS BINA SATRIA MEDAN

Zai, Fajar Rahmat (2025) PENGARUH FASILITAS BELAJAR LABORATORIUM KOMPUTER DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA ELEMEN DASAR-DASAR KEJURUAN DI SMKS BINA SATRIA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7202144003_Cover.pdf] Text
7202144003_Cover.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 7202144003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202144003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 7202144003_Abstrak.pdf] Text
7202144003_Abstrak.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 7202144003_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202144003_Kata_Pengantar.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 7202144003_Daftar_Isi.pdf] Text
7202144003_Daftar_Isi.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 7202144003_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202144003_Daftar_Tabel.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 7202144003_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202144003_Daftar_Gambar.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 7202144003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7202144003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 7202144003_BAB_I.pdf] Text
7202144003_BAB_I.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of 7202144003_BAB_II.pdf] Text
7202144003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7202144003_BAB_III.pdf] Text
7202144003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[thumbnail of 7202144003_BAB_IV.pdf] Text
7202144003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7202144003_BAB_V.pdf] Text
7202144003_BAB_V.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 7202144003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202144003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 7202144003_Lampiran.pdf] Text
7202144003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh fasilitas belajar laboratorium komputer dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas belajar laboratorium komputer dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil signifikansi sebesar 0,042 < 0,05. Pada pengujian secara parsial (uji-t) untuk variabel fasilitas belajar laboratorium komputer (X1) diperoleh thitung = 2,366. Dengan demikian thitung > ttabel (2,366 > 1,666) dan nilai signifikan (0,021 < 0,05). Maka H1 dapat diterima. Variabel motivasi belajar siswa (X2) diperoleh thitung = 1,937. Dengan demikian thitung > ttabel (1,937 > 1,666) dan nilai signifikan (0,57>0,05). Maka H2 diterima namun tidak signifikan. Secara simultan fasilitas belajar laboratorium komputer dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 8,3%. Secara parsial pengaruh fasilitas belajar laboratorium komputer terhadap hasil belajar siswa sebesar 41,6% dan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 35,2%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah fasilitas belajar laboratorium komputer dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa baik secara simultan maupun secara parsial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Fasilitas Belajar Laboratorium Komputer, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:44
Last Modified: 11 Aug 2025 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65005

Actions (login required)

View Item
View Item