Tumanggor, Mega Tethy (2022) Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Prancis di SMA Negeri 21 Medan menggunakan Edmodo. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2151131021 COVER.pdf
Download (117kB)
2. NIM 2151131021 APPROVAL SHEET.pdf
Download (302kB)
3. NIM 2151131021 ABSTRACT.pdf
Download (183kB)
4. NIM 2151131021 PREFACE.pdf
Download (182kB)
5. NIM 2151131021 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (217kB)
6. NIM 2151131021 ILLUSTRATIONS.pdf
Download (102kB)
7. NIM 2151131021 SCHEMAS.pdf
Download (37kB)
8. NIM 2151131021 TABLES.pdf
Download (99kB)
9. NIM 2151131021 APPENDICES.pdf
Download (99kB)
10. NIM 2151131021 CHAPTER I.pdf
Download (332kB)
11. NIM 2151131021 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 2151131021 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (406kB)
13. NIM 2151131021 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
14. NIM 2151131021 CHAPTER V.pdf
Download (129kB)
15. NIM 2151131021 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (103kB)
16. NIM 2151131021 ENCLOUSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (38MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran
menggunakan edmodo dalam pembelajaran bahasa Prancis di tingkat SMA dan
mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar yang dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) model ADDIE (Analize, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Dalam penelitian ini hanya sampai 3 tahap, yaitu
analisis, design dan developpemnet. Pada tahap analisis yang dilakukan yaitu
menganalisis kebutuhan siswa berdasarkan data yang didapat dari penyebaran
angket analisis kebutuhan. Pada tahap design yaitu penyusunan materi dan
pembuatan design materi dan media agar menjadi produk yang layak digunakan
dalam pembelajaran. Pada tahap developpement, validitas materi dan media pada
tahap ini dinilai oleh validator, jika materi dan media masih kurang layak akan
dilakukan revisi produk sampai produk valid dan layak untuk dipakai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan
menggunakan edmodo dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam
pembelajaran bahasa Prancis di tingkat SMA. Hasil uji validasi oleh ahli media
adalah 75% dan ahli materi adalah 69,23%. Hasil validasi bahan ajar tersebut
termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dilihat
bahwa bahan ajar menggunakan edmodo layak digunakan dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan; Materi Pembelajaran; SMA; Edmodo |
| Subjects: | P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:32 |
| Last Modified: | 11 Aug 2025 07:32 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65002 |
