Natalina, Amy (2012) MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5 SAMPAI 6 TAHUN MELALAUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK THINK-PAIR-SQUARE DI TK PEMBINA TANJUNG MORAWA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108314002 COVER.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
108314002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
108314002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
108314002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
108314002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
108314002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
108314002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
108314002 BAB I.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108314002 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
108314002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kecerdasan emosional anak usia 5 sampai 6 tahun di TK Pembina Tanjung Morawa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif dengan teknik think-pair-square. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatan kecerdasan emosional anak TK melalui pembelajaran kooperatif dengan teknik think-pair-square.Agency dan Tridhonanto (2009) mengemukakan ciri – ciri anak yang memiliki taraf kecerdasan emosional. Spencer Kagan menyatakan think-pair-square adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan untuk bekerja sendiri dan bekerjasama.Metode penelitian adalah PTK partisipan. Penelitian terdiri dari 2 siklus, siklus I dan II masing – masing terdiri dari 2 pertemuan. Perbedaan tindakan siklus I dan II yaitu pada siklus II peneliti menjelaskan dan memperagakan sikap menjalin hubungan dengan orang lain. Jumlah subjek dalam penelitian 28 orang, 7 perempuan dan 21 laki – laki. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Analisis data menggunakan rumus Pi = f/n x 100%, EI rata – rata: (jumlah skor anak)/(jumlah anak ) x 100% dan P = f/n x 100%.Hasil analisis data observasi awal diperoleh tingkat EI anak 38,5%. Pada siklus I EI meningkat menjadi 64,7%. Pada siklus II tingkat EI mencapai 97%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pembelajaran kooperatif dengan teknik think-pair-square dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak kelompok durian TK Pembina Tanjung Morawa. Disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan teknik think-pair-square dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak usia 5 sampai 6 tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nat m |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Think- Pair- Square |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6495 |