PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAPPING BERBANTUAN MIND MEISTER TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PARBULUAN

Capah, Yoyuti Sonata (2024) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAPPING BERBANTUAN MIND MEISTER TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PARBULUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202411024_Cover.pdf] Text
2202411024_Cover.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 2202411024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202411024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411024_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202411024_Kata_Pengantar.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 2202411024_Abstrak.pdf] Text
2202411024_Abstrak.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 2202411024_Daftar_Isi.pdf] Text
2202411024_Daftar_Isi.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 2202411024_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202411024_Daftar_Tabel.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 2202411024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2202411024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 2202411024_BAB_I.pdf] Text
2202411024_BAB_I.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 2202411024_BAB_II.pdf] Text
2202411024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[thumbnail of 2202411024_BAB_III.pdf] Text
2202411024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[thumbnail of 2202411024_BAB_IV.pdf] Text
2202411024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411024_BAB_V.pdf] Text
2202411024_BAB_V.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 2202411024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202411024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 2202411024_Lampiran.pdf] Text
2202411024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parbuluan sebelum menggunakan teknik mind mapping berbantuan mind meister. 2) Menganalisis kemampuan
menceritakan kembali isi teks narasi siswa SMP Negeri 1 Parbuluan sesudah menggunakan teknik mind mapping berbantuan mind meister. 3) menganalisis seberapa besar pengaruh teknik mind mapping berbantuan mind meister terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parbuluan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 172 orang. Sampel terdiri dari 28 orang. Penelitian ini menngunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Hasil pengolahan data menunjukkan: 1) Kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi siswa sebelum menggunakan teknik mind mapping berbantuan mind meister diperoleh nilai rata-rata sebesar 62,21 dengan kategori kurang. 2) Kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi siswa sesudah menggunakan teknik mind mapping berbantuan mind meister diperoleh nilai rata-rata sebesar 80.07 dengan kategori baik. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan teknik mind mapping berbantuan mind meister terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parbuluan dengan thitung sebesar 11.07 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n=28 yaitu 2,00. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa thitung 11,07 > ttabel 2,00 dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan teknik mind mapping berbantuan mind meister terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parbuluan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Mind Mapping , Mind Meister, Menceritakan Kembali.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:12
Last Modified: 07 Aug 2025 06:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64940

Actions (login required)

View Item
View Item