Perbedaan Hasil Belajar Menggambar Teknik Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Model Pembelajaran Direct Intruction Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Padang Sidimpuan T.A 2021/2022

Fadhlan, Rais (2022) Perbedaan Hasil Belajar Menggambar Teknik Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Model Pembelajaran Direct Intruction Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Padang Sidimpuan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5153321012 - COVER.pdf] Text
1. NIM 5153321012 - COVER.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 2. NIM 5153321012 - APPROVALL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5153321012 - APPROVALL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM 5153321012 - ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 5153321012 - ABSTRACT.pdf

Download (832kB)
[thumbnail of 4. NIM 5153321012 - PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5153321012 - PREFACE.pdf

Download (836kB)
[thumbnail of 5. NIM 5153321012 - TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5153321012 - TABLE OF CONTENT.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of 6. NIM 5153321012 - TABLES.pdf] Text
6. NIM 5153321012 - TABLES.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of 7. NIM 5153321012 - ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 5153321012 - ILLUSTRATION.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 8. NIM 5153321012 - APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5153321012 - APPENDICES.pdf

Download (727kB)
[thumbnail of 9. NIM 5153321012 - CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 5153321012 - CHAPTER I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 10. NIM 5153321012 - CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 5153321012 - CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 11. NIM 5153321012 - CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 5153321012 - CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 12.  NIM 5153321012 - CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 5153321012 - CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 13.  NIM 5153321012 - CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5153321012 - CHAPTER V.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of 14.  NIM 5153321012 -BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5153321012 -BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (946kB)
[thumbnail of 15.  NIM 5153321012 -ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 5153321012 -ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggambar teknik dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran Direct Intruction pada siswa kelas X program keahlian teknik permesinan SMK Negeri 2 Padang Sidimpuan. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X program keahlian teknik permesinan SMK Negeri 2 Padang Sidimpuan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang. Kelas X TP I diterapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sedangkan X TP 2 diterapkan model pembelajaran Direct Intruction, tiap kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif pilihan berganda yang berjumlah 20 soal 4 opsi jawaban. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada model pembelajaran Think Pair Share (TPS) diperoleh Lhitung= 0,1253 dan Ltabel = 0,161 , maka diperoleh Lhitung(0,1253) < Ltabel(0,161) pada kategori normal, dan pada model pembelajaran Direct Intruction Lhitung = 0,1308 dan Ltabel = 0,161 maka diperoleh Lhitung(0,1308) < Ltabel(0,161) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas data antara pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Direct Intruction dilakukan uji | pada taraf nyata (α) 0,05 diperoleh Fhitung = 1,0895 dan Ftabel = 1,8608, maka Fhitung(1,0895) < Ftabel (1,8608) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α =0,05 dengan kriteria uji tolak H0 jika | . Dari hasil penelitian diperoleh, thitung = 3,040 dan ttabel = 2,002 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Menggambar Teknik siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran Direct Intruction. Dengan hasil belajar rata rata kelas eksperimen I = 80,17 dan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen II = 74,33

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar; model pembelajaran; Directt Intruction Model Think Pair Share (TPS)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:55
Last Modified: 07 Aug 2025 03:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64937

Actions (login required)

View Item
View Item