PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA FREE METHODIST 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Siagian, Tiara Elisabet (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA FREE METHODIST 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111020_Cover.pdf] Text
2203111020_Cover.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 2203111020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 2203111020_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111020_Kata_Pengantar.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 2203111020_Abstrak.pdf] Text
2203111020_Abstrak.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 2203111020_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111020_Daftar_Isi.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 2203111020_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111020_Daftar_Tabel.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 2203111020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 2203111020_BAB_I.pdf] Text
2203111020_BAB_I.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 2203111020_BAB_II.pdf] Text
2203111020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[thumbnail of 2203111020_BAB_III.pdf] Text
2203111020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[thumbnail of 2203111020_BAB_IV.pdf] Text
2203111020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2203111020_BAB_V.pdf] Text
2203111020_BAB_V.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 2203111020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 2203111020_Lampiran.pdf] Text
2203111020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan media poster. 2) keterampilan menulis
teks persuasi siswa kelas VIII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan menggunakan model pembelajaran konvensional. 3) pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media poster terhadap keterampilan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 165 orang. Sampel terdiri dari 82 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas sperimen sebanyak 41 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen two group post-test only control design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa essay. Hasil penelitian menunjukkan 1) Keterampilan siswa kelas VIII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan dalam menulis teks persuasi dengan model pembelajaran konvensional termasuk ke dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata mencapai 65. Hal ini menunjukkan nilai rata-rata kemampuan siswa belum mencapai KKM yaitu 75; 2) Keterampilan siswa kelas VIII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan dalam menulis teks persuasi dengan model pembelajaran think talk write berbantuan media poster mengalami peningkatan dan termasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata mencapai 80. Dengan demikian, dapat dikatakan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol. Berdasarkan uji t diperoleh nilai taraf signifikan
α = 0,05 dan n=41, diperoleh ttabel = 1,66421. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel yaitu 3,35>2,04, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dam
hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran think talk write berbantuan media poster terhadap keterampilan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Swasta Free Methodist 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Think Talk Write , Media Poster, Menulis, Teks Persuasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:02
Last Modified: 07 Aug 2025 06:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64936

Actions (login required)

View Item
View Item