Mubarok, Muhammad Sayyid (2023) Pengaruh Penggunaan Alat Praktik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Siswa Kelas XI TPM SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 5171121011 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 5171121011 COVER.pdf
Download (309kB)
![[thumbnail of 2. NIM 5171121011 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 5171121011 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 3. NIM 5171121011 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 5171121011 ABSTRACT.pdf
Download (734kB)
![[thumbnail of 4. NIM 5171121011 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 5171121011 PREFACE.pdf
Download (838kB)
![[thumbnail of 5. NIM 5171121011 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 5171121011 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 6. NIM 5171121011 TABLE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 5171121011 TABLE.pdf
Download (457kB)
![[thumbnail of 7. NIM 5171121011 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 5171121011 ILLUSTRATION.pdf
Download (456kB)
![[thumbnail of 8. NIM 5171121011 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 5171121011 APPENDICES.pdf
Download (455kB)
![[thumbnail of 9. NIM 5171121011 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 5171121011 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 10. NIM 5171121011 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 5171121011 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 11. NIM 5171121011 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 5171121011 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 12. NIM 5171121011 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 5171121011 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 13. NIM 5171121011 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 5171121011 CHAPTER V.pdf
Download (767kB)
![[thumbnail of 14. NIM 5171121011 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 5171121011 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 15. NIM 5171121011 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 5171121011 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat praktik terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut siswa kelas XI TPM SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan quasi experimen. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode yang digunakan adalah systematic sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan urutan dari angka populasi yang telah diberi nomor urut. Sampel yang ditetapkan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 31 orang. Sampel ini diambil dari kelas XI TPM-1 dan kelas XI TPM-2 yang berjumlah 62 orang. Seluruh populasi ini digabungkan kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yang diurutkan secara alfabetis. Urutan 1-31 dijadikan sebagai kelas eksperimen dan urutan 32-62 dijadikan sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan test. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas dan uji prasyarat analisis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji independent sample t-test, uji paired sample t-test, dan uji N Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil uji uji independent sample t-test diperoleh nilai thitung (5,258) > ttabel (1,671) dan Sig 0.000 < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan alat praktik dengan siswa yang menggunakan metode konvensional; 2) hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai thitung (21,211) > ttabel (1,697) dan Sig 0.000 < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan (menggunakan alat praktik); 3) hasil uji N Gain diperoleh skor Gain adalah sebesar 0,50. Skor tersebut berada pada 0,3 < g < 0,7 sehingga termasuk kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat praktik berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut siswa kelas XI TPM SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Alat Praktik; Hasil Belajar; Teknik Pemesinan Bubut |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:15 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64928 |