Sinaga, Tony Haryono (2022) Implementasi Sistem Penilaian Hasil Pembelajaran Bidang Produktif Program Keahlian Teknik Instlasi Tenaga Listrik Di SMK N 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM. 5173131024 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM. 5173131024 COVER.pdf
Download (283kB)
![[thumbnail of 2. NIM. 5173131024 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM. 5173131024 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 3. NIM. 5173131024 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM. 5173131024 PREFACE.pdf
Download (660kB)
![[thumbnail of 4. NIM. 5173131024 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM. 5173131024 ABSTRACT.pdf
Download (591kB)
![[thumbnail of 5. NIM. 5173131024 TABEL OF COTENTEN.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM. 5173131024 TABEL OF COTENTEN.pdf
Download (589kB)
![[thumbnail of 6. NIM. 5173131024 TABELS.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM. 5173131024 TABELS.pdf
Download (382kB)
![[thumbnail of 7. NIM. 5173131024 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM. 5173131024 ILLUSTRATION.pdf
Download (315kB)
![[thumbnail of 8. NIM. 5173131024 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM. 5173131024 APPENDICES.pdf
Download (314kB)
![[thumbnail of 9. NIM. 5173131024 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM. 5173131024 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 10. NIM. 5173131024 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 5173131024 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
![[thumbnail of 11. NIM. 5173131024 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 5173131024 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 12. NIM. 5173131024 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 5173131024 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5173131024 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5173131024 CHAPTER V.pdf
Download (860kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5173131024 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5173131024 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 15. NIM. 5173131024 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 5173131024 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (28MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penilaian hasil belajar pada Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK N 5 Medan. Proses penilaian hasil belajar mengacu pada Permendikbud no. 66 tahun 2013. Aspek yang diteliti yaitu: (1) perencanaan penilaian hasil belajar (2) pelaksanaan penilaian hasil belajar, (3) tindak lanjut hasil penilaian hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kebijakan berdasarkan pada Permendikbud No 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Sumber data penelitian adalah guru mata pelajaran produktif kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 5 Medan yang berjumlah 10 orang guru dan siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan Kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Berdasarkan kuesioner guru perencanaan penilaian termasuk kategori sangat baik, dan berdasarkan kuesioner siswa termasuk kategori baik. Kesulitan terdapat pada perencanaan penilaian sikap. Penjelasan mengenai kompetensi dasar yang akan dinilai sulit dipahami oleh guru, (2) Berdasarkan kuisoner guru pelaksanaan penilaian termasuk kategori sangat baik, dan berdasarkan kuesioner siswa termasuk kategori baik. Pelaksanaan penilaian sudah mencakup penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, namun masih terdapat kekurangan. Kekurangan terdapat pada penilaian sikap, penilaian antar teman masih terkesan kurang objektif, (3) Berdasarkan kuesioner guru tindak lanjut hasil penilaian belajar termasuk kategori sangat baik, dan berdasarkan kuesioner siswa termasuk kategori sangat baik. Pengolahan dan penskoran yang dilakukan sudah mengacu pada pedoman penilaian kurikulum 2013. Program remidial dilakukan dengan baik pada jam pembelajaran tersebut, hanya pada program pengayaan tidak dapat dilakukan karena kesulitan dalam mencari jam pengayaan diluar pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Implementasi; Sistem Penilaian; Kurikulum 2013 |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:13 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64917 |