ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 SILOU KAHEAN KABUPATEN SIMALUNGUN

Purba, Eva Enjelita (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 SILOU KAHEAN KABUPATEN SIMALUNGUN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173141022_Cover.pdf] Text
4173141022_Cover.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4173141022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173141022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 4173141022_Abstrak.pdf] Text
4173141022_Abstrak.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 4173141022_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173141022_Kata_Pengantar.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4173141022_Daftar_Isi.pdf] Text
4173141022_Daftar_Isi.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 4173141022_BAB_I.pdf] Text
4173141022_BAB_I.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of 4173141022_BAB_II.pdf] Text
4173141022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[thumbnail of 4173141022_BAB_III.pdf] Text
4173141022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4173141022_BAB_IV.pdf] Text
4173141022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[thumbnail of 4173141022_BAB_V.pdf] Text
4173141022_BAB_V.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4173141022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173141022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 4173141022_Lampiran.pdf] Text
4173141022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Silou Kahean Kabupaten Simalungun pada materi Ekosistem Tahun Pembelajaran 2023/2024 berdasarkan aspek indikator pembelajaran serta menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 60 siswa dari kelas X IPA 2 dan IPA 3 yang diperoleh melalui teknik random sampling. Pengambilan data melalui tes dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis, ketuntasan belajar klasikal, dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat persentase kesulitan belajar siswa berdasarkan aspek indikator pembelajaran pada materi ekosistem dikategorikan sangat tinggi. Indikator dengan tingkat kesulitan belajar tertinggi adalah "menganalisis peranan masing-masing makhluk hidup dalam ekosistem" sebesar 74,2% dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan indikator dengan tingkat kesulitan belajar terendah adalah "menguraikan komponen-komponen ekosistem yang termasuk abiotik dan biotik serta mengidentifikasi interaksi antara komponen biotik dengan abiotik lainnya dalam ekosistem" 40,3% dengan kategori tinggi. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada siswa ada dua aspek diantaranya adalah faktor internal dengan pesentase 56,77% dengan kategori cukup menghambat, dan aspek eksternal dengan persentase 59,41% dengan kategori cukup menghambat. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar dengan Tingkat persentase terbesar adalah media yang termasuk kedalam aspek faktor eksternal dengan persentase kesulitan 69,47% dengan kategori menghambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577 Pur a
Keywords: Kesulitan belajar; Ekosistem; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Aug 2025 09:46
Last Modified: 05 Aug 2025 09:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64861

Actions (login required)

View Item
View Item