PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KWL (KNOW WANT TO KNOW LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMPSWASTAAL MAKSUM TAHUN AJARAN 2023/2024

Auliyah, Imtisalun (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KWL (KNOW WANT TO KNOW LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMPSWASTAAL MAKSUM TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203311029_Cover.pdf] Text
2203311029_Cover.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 2203311029_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203311029_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 2203311029_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203311029_Kata_Pengantar.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 2203311029_Abstrak.pdf] Text
2203311029_Abstrak.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 2203311029_Daftar_Isi.pdf] Text
2203311029_Daftar_Isi.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 2203311029_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203311029_Daftar_Tabel.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 2203311029_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203311029_Daftar_Lampiran.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 2203311029_BAB_I.pdf] Text
2203311029_BAB_I.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of 2203311029_BAB_II.pdf] Text
2203311029_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[thumbnail of 2203311029_BAB_III.pdf] Text
2203311029_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[thumbnail of 2203311029_BAB_IV.pdf] Text
2203311029_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311029_BAB_V.pdf] Text
2203311029_BAB_V.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 2203311029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203311029_Daftar_Pustaka.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 2203311029_Lampiran.pdf] Text
2203311029_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Upaya mengetahui hasil kemampuan menceritakan kembali dan pengaruh yang diberikan oleh metode pembelajaran KWL bagi peserta didik kelas VII SMP Swasta Al Maksum ialah tujuan dari penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian quasi atau penelitian kuantitif eksperimen dengan memakai desain dua kelompok sebagai objek penelitian yang berfungsi sebagai control dan eksperimen atau yang dikenal dengan two group posttest. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes dengan meninjau empat aspek penilaian yakni ketepatan isi cerita, ketepatan logika cerita, kenyaringan suara, pilihan kata, dan kelancaran. Populasi penelitian
ini tentunya seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Al Maksum yang mana sampel penelitian ditentukan dengan Teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode KWL (Know Want to Know Learned) memengaruhi kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi teks fabel. Efek positif penerapan metode KWL (Know Want to Know Learned) diwujudkan dalam peningkatan nilai siswa ketika menceritakan kembali isi teks fabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Fabel, Kemampuan bercerita, Know Want to Know Learned
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Aug 2025 08:35
Last Modified: 08 Aug 2025 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64850

Actions (login required)

View Item
View Item