Sitepu, Egita Agustina Br. (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF KELAS XI MIPA SMA N 1 TIGAPANAH T.P. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4201141020_Cover.pdf
Download (98kB)
4201141020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (164kB)
4201141020_Abstrak.pdf
Download (163kB)
4201141020_Kata_Pengantar.pdf
Download (168kB)
4201141020_Daftar_Isi.pdf
Download (280kB)
4201141020_BAB_I.pdf
Download (189kB)
4201141020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (407kB)
4201141020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (330kB)
4201141020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (252kB)
4201141020_BAB_V.pdf
Download (109kB)
4201141020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (217kB)
4201141020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi sistem saraf kelas XI MIPA SMA N 1 Tigapanah T.P 2023/2024. Penelitian ini menggunakan quansi eksperimen dengan desain pretest and posttest control group design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu XI MIPA 1 ( kelas kontrol ) dengan model pembelajaran konvensional dan kelas XI MIPA 2 ( kelas eksperimen ) dengan model PBL. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik teknik Class Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian pengaruh model pembelajaran Problem Based learning terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi sistem saraf di kelas XI MIPA SMA N 1 Tigapanah berpengaruh signifikan pada hasil belajar kognitif siswa dengan terjadinya peningkatan nilai posttest lebih tinggi di kelas eksperimen disbanding kelas kontrol yaitu 81,76 > 69,7 dengan uji-t yang menunjukkan 0,000 < 0,05, disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Model pembelajaran problem based learning berpengaruh signifikan terhadap aktivitas siswa dari kategori baik menjadi sangat baik, disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 573.8 Sit p |
| Keywords: | Problem based learning; Sistem saraf; Hasil belajar; Aktivitas belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy Q Science > QP Physiology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 05:51 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 05:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64828 |
