PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTION, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA MASEHI SIBOLANGIT TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Ginting, Dinda Anggraini (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTION, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA MASEHI SIBOLANGIT TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111063_Cover.pdf] Text
2203111063_Cover.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 2203111063_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111063_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111063_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111063_Kata_Pengantar.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 2203111063_Abstrak.pdf] Text
2203111063_Abstrak.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 2203111063_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111063_Daftar_Isi.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 2203111063_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111063_Daftar_Tabel.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 2203111063_Daftar_Gambar.pdf] Text
2203111063_Daftar_Gambar.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 2203111063_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111063_Daftar_Lampiran.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 2203111063_BAB_I.pdf] Text
2203111063_BAB_I.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 2203111063_BAB_II.pdf] Text
2203111063_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[thumbnail of 2203111063_BAB_III.pdf] Text
2203111063_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[thumbnail of 2203111063_BAB_IV.pdf] Text
2203111063_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[thumbnail of 2203111063_BAB_V.pdf] Text
2203111063_BAB_V.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 2203111063_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111063_Daftar_Pustaka.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of 2203111063_Lampiran.pdf] Text
2203111063_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi saat menggunakan model pembelajaran konvensional (2) menganalisis kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflection, Extending (CORE) (3) menganalisis pengaruh penggunaaan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflection, Extending (CORE) terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Swasta Masehi Sibolangit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 60 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 30 orang dan kelas eksperimen sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen two group post-test design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji hemogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dalam menulis teks persuasi menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 66 dan masuk dalam kategori cukup. Hasil dalam menulis teks persuasi menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) memiliki nilai rata-rata 76 dan masuk dalam kategori baik. Melalui pengujian hipotesis diperoleh thitung 2,06908 > ttabel 2,001717. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Swasta Masehi Sibolangit Tahun Pembelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: CORE, Kemampuan Menulis, Teks Persuasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Aug 2025 04:44
Last Modified: 08 Aug 2025 06:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64824

Actions (login required)

View Item
View Item