Ginting, Dinda Anggraini (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTION, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA MASEHI SIBOLANGIT TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2203111063_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111063_Cover.pdf
Download (290kB)
![[thumbnail of 2203111063_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111063_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203111063_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111063_Kata_Pengantar.pdf
Download (171kB)
![[thumbnail of 2203111063_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111063_Abstrak.pdf
Download (305kB)
![[thumbnail of 2203111063_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111063_Daftar_Isi.pdf
Download (301kB)
![[thumbnail of 2203111063_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111063_Daftar_Tabel.pdf
Download (230kB)
![[thumbnail of 2203111063_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111063_Daftar_Gambar.pdf
Download (343kB)
![[thumbnail of 2203111063_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111063_Daftar_Lampiran.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of 2203111063_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111063_BAB_I.pdf
Download (365kB)
![[thumbnail of 2203111063_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111063_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (847kB)
![[thumbnail of 2203111063_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111063_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (483kB)
![[thumbnail of 2203111063_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111063_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (898kB)
![[thumbnail of 2203111063_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111063_BAB_V.pdf
Download (130kB)
![[thumbnail of 2203111063_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111063_Daftar_Pustaka.pdf
Download (562kB)
![[thumbnail of 2203111063_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111063_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi saat menggunakan model pembelajaran konvensional (2) menganalisis kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflection, Extending (CORE) (3) menganalisis pengaruh penggunaaan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflection, Extending (CORE) terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Swasta Masehi Sibolangit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 60 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 30 orang dan kelas eksperimen sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen two group post-test design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji hemogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dalam menulis teks persuasi menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 66 dan masuk dalam kategori cukup. Hasil dalam menulis teks persuasi menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) memiliki nilai rata-rata 76 dan masuk dalam kategori baik. Melalui pengujian hipotesis diperoleh thitung 2,06908 > ttabel 2,001717. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Swasta Masehi Sibolangit Tahun Pembelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | CORE, Kemampuan Menulis, Teks Persuasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 04:44 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64824 |