Sinaga, Anastasia (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Pemangkasan Rambut Dasar SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5182144011 COVER.pdf
Download (291kB)
2. NIM 5182144011 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 5182144011 ABSTRACT.pdf
Download (554kB)
4. NIM 5182144011 PREFACE.pdf
Download (665kB)
5. NIM 5182144011 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (900kB)
6. NIM 5182144011 TABLES.pdf
Download (626kB)
7. NIM 5182144011 ILLUSTRATION.pdf
Download (900kB)
8. NIM 5182144011 APPENDICES.pdf
Download (354kB)
9. NIM 5182144011 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
10. NIM 5182144011 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
11. NIM 5182144011 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
12. NIM 5182144011 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
13. NIM 5182144011 CHAPTER V.pdf
Download (627kB)
14. NIM 5182144011 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (902kB)
15. NIM 5182144011 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis canva pada materi pemangkasan rambut solid diagonal ke belakang kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis canva pada materi pemangkasan rambut solid diagonal ke belakang kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Uji validitas dilakukan oleh tiga ahli materi yang berkompeten dalam bidangnya yaitu satu dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan dan dua orang guru kecantikan, sedangkan ahli media dilakukan oleh tiga dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengembangan media diperoleh dari ahli materi dan ahli media, sedangkan kelayakan media diperoleh dari uji coba kelompok kecil, kelompok sedang dan kelompok besar. Hasil penelitian pengembangan media berbasis canva sebesar 88,03% dengan kriteria sangat baik dan hasil ahli media sebesar 96,52% termasuk dalam kriteria sangat baik. Penilaian oleh kelompok kecil memperoleh skor rata-rata sebesar 85,14% termasuk dalam kriteria sangat baik, penilaian oleh kelompok sedang memperoleh skor rata-rata sebesar 91,33% termasuk dalam kriteria sangat baik dan penilaian oleh kelompok besar memperoleh skor rata-rata sebesar 97,55% termasuk dalam kriteria sangat baik, dengan keseluruhan skor rata-rata sebesar 91,34% dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media berbasis canva dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pemangkasan rambut dasar tata kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran; Canva; Pemangkasan Dasar |
| Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 01 Aug 2025 07:53 |
| Last Modified: | 01 Aug 2025 07:53 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64707 |
